Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Ismedi, Aprilia Mashitoh (2020) Ganti Rugi Terhadap Penumpang Pesawat Terbang Komersial Atas Keterlambatan Pesawat (Flight Delayed) dan Pembatalan Penerbangan (Cancelation Of Flight). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201610115251_Aprilia Mashitoh Ismedi_Cover _ Daftar Isi.pdf

Download (988kB)
[img] Text
201610115251_Aprilia Mashitoh Ismedi_BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
201610115251_Aprilia Mashitoh Ismedi_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
201610115251_Aprilia Mashitoh Ismedi_BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
201610115251_Aprilia Mashitoh Ismedi_Daftar Pustaka.pdf

Download (272kB)
[img] Text
201610115251_Aprilia Mashitoh Ismedi_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada kenyataannya penundaan keberangkatan (delay) merupakan hal yang sering kali terjadi dalam penerbangan. Termasuk jasa penerbangan komersial berjadwal di Indonesia, yang mengalami pembatalan penerbangan merupakan bagian dari keterlambatan angkutan udara yang dapat diartikan sebagai suatu penundaan keberangkatan (delay) ataupun pengalihan penerbangan dikarenakan sebab-sebab tertentu. Penundaan serta pembatalan penerbangan tersebut dirasakan masih menelantarkan hak-hak konsumen. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Pemerintah mengatur hak-hak konsumen yang harus dilindungi termasuk penundaan keberangkatan (delay). Pertanyaan dalam penelitian ini adalah mengenai pengaturan ganti rugi penerbangan komersial atas keterlambatan penerbangan (Flight Delayed) dan pembatalan penerbangan (Calcelation Of Flight) menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) Pada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal di Indonesia, sebagaimana dalam penyelesaian sengketa ganti rugi di dalam pengadilan maupun di luar pengadilan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian hukum yuridis normatif dengan pendekatan kasus (case approach) terhadap data sekunder, data primer dan data tersier berdasarkan studi kepustakaan (library research) serta di analisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa perlindungan konsumen terkait dengan penundaan keberangkatan (delay) terdapat dua aturan yang berbeda yaitu Undang-Undang Penerbangan untuk ketentuan lebih lanjut mengenai pelayanan badan usaha angkutan udara niaga berjadwal diatur dengan PERMENHUB Nomor 89 Tahun 2015 dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999. Ganti rugi terhadap penumpang pesawat terbang komersial atas penundaan keberangkatan dan pembatalan penerbangan tidak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku khusunya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) Pada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal di Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:35
Last Modified: 23 Nov 2022 01:35
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/16336

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year