Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Roehmana, Kartika Dewi Palung (2020) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Atas Perbedaan Harga Pada Label Display Dengan Harga Kasir Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Alfamart dan Indomaret di Perumahan Duren Jaya Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201610115262_Kartika Dewi Palung Roehmana_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201610115262_Kartika Dewi Palung Roehmana_BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
201610115262_Kartika Dewi Palung Roehmana_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201610115262_Kartika Dewi Palung Roehmana__BAB V.pdf

Download (239kB)
[img] Text
201610115262_Kartika Dewi Palung Roehmana_Daftar Pustaka.pdf

Download (249kB)
[img] Text
201610115262_Kartika Dewi Palung Roehmana__Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Konsumen merupakan pemakai atau pengguna dari suatu produk barang dan jasa. Sebagai pengguna produk barang dan atau jasa, tentunya konsumen memiliki hakhak khusus yang harus dilindungi sesuai dengan ketentuan Pasal 4 Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Seperti diketahui bahwa posisi konsumen yang cenderung lebih lemah dibandingkan dengan pelaku usaha menyebabkan hak-haknya rentan untuk dilanggar. Salah satu pelanggaran hak konsumen yang sering terjadi yaitu pelanggaran terhadap hak atas informasi yang benar. Hal ini berkaitan dengan informasi harga yang tertera pada label display, yang sering kali ditemukan mengenai perbedaan dengan harga yang dikenakan pada saat pembayaran dikasir. Perbedaan harga tersebut tentunya menimbulkan kerugian bagi konsumen karena biaya yang dikeluarkan lebih besar yang telah diperhitungkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen terhadap perbedaan harga pada label display dengan harga kasir berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta untuk mengetahui tentang tanggung jawab yang diberikan oleh Alfamart dan Indomaret di Perumahan Duren Jaya Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi terhadap kerugian yang diderita konsumen akibat adanya perbedaan harga pada label display dengan harga kasir. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian hukum empiris, serta pendekatan yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan sosiologis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perlindungan hukum yang diberikan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap perbedaan harga, bersifat preventif dan represif. Alfamart dan Indomaret cenderung memberikan perlindungan hukum yang bersifat represif yaitu bentuk perlindungan hukum yang lebih ditujukan dalam proses tanggung jawab, meskipun pelaksanaannya belum sempurna. Tanggung jawab yang diberikan Alfamart dan Indomaret tersebut dinilai sudah sesuai yakni dengan memberikan harga terendah sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Pasal 7 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 35 Tahun 2013 tentang Pencantuman Harga Barang dan Tarif Jasa yang Diperdagangkan, penelitian ini juga menghasilkan tentang upaya perlindungan konsumen dari pemerintah melalui BPSK dan BPKN dengan cara memberikan pembinaan dan pengawasan kepada konsumen dan pelaku usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:36
Last Modified: 23 Nov 2022 01:36
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/16341

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year