Strategi Komunikasi Persuasif Para Ustadzah Dalam Menyampaikan Dakwah di Komunitas Grup WhatsApp (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas “Belajar Islam Seru”)

Dessy, Indah Kurniawati (2017) Strategi Komunikasi Persuasif Para Ustadzah Dalam Menyampaikan Dakwah di Komunitas Grup WhatsApp (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas “Belajar Islam Seru”). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201310415038_Dessy Indah Kurniawati_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (98MB)
[img] Text (BAB I)
201310415038_Dessy Indah Kurniawati_BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201310415038_Dessy Indah Kurniawati_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
201310415038_Dessy Indah Kurniawati_BAB V.pdf

Download (240kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201310415038_Dessy Indah Kurniawati_Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB)
[img] Text (Lampiran)
201310415038_Dessy Indah Kurniawati_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah strategi komunikasi persuasif yang digunakan ustadzah dalam menyampaikan materi dakwah di komunitas grup WhatsApp “Belajar Islam Seru”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan penulis menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi persuasif yang dilakukan ustadzah ialah mengajak dalam bentuk kata-kata ajakan untuk bergabung ke dalam diskusi. Dalam hasil penelitian ini juga menunjukan adanya strategi komunikasi persuasif yang digunakan ustadzah dalam menyampaikan materi dakwah di komunitas grup WhatsApp Belajar Islam Seru ialah menggunakan Rasional Strategi. Dimana dalam menyampaikan materi dakwah kepada anggota, ustadzah memberikan alternatif seperti menawarkan kepada anggota untuk memberikan pendapatnya mengenai topik yang sedang didiskusikan ataupun memberikan kesempatan untuk anggota bertanya. Dalam hasil penelitian ustadzah mempunyai kredibilitas dalam memberikan materi dakwah kepada anggota hal ini ditandai oleh pernyataan anggota yang mengerti akan materi yang diberikan ustadzah. Dalam hasil penelitian ini pesan yang diberikan juga terstruktur dengan menggunakan pembukaan, isi lalu penutup. Penggunaan WhatsApp sebagai media dakwah juga dikarenakan aplikasi ini sudah cukup populer dan dalam hasil penelitian ini alasan anggota tidak aktif dalam diskusi dikarenakan ia merasa dirinya tidak memiliki ilmu yang lebih dalam ilmu agama. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Persuasif, WhatsApp

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I: Dra.Hamida Syari Harahap, M.Si., Pembimbing II: Elisabeth Dana Pertiwi, S.Si.,M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Penyiaran
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ludfia
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:42
Last Modified: 10 Apr 2019 04:42
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item