Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Pengguna Internet Di SMP Cempaka

Gita, Cahya Mantika (2018) Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Pengguna Internet Di SMP Cempaka. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201410515085_Gita Cahya_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (888kB)
[img] Text (BAB I)
201410515085_Gita Cahya_BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201410515085_Gita Cahya_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
201410515085_Gita Cahya_BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201410515085_Gita Cahya_Daftar Pustaka.pdf

Download (268kB)
[img] Text (Lampiran)
201410515085_Gita Cahya_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Maraknya penggunaan internet banyak disalah gunakan oleh penggunanya itu sendiri untuk melakukan tindakan kejahatan yang mengakibatkan hal buruk untuk korbannya, banyak siswa yang empatinya rendah melakukan tindakan agresif seperti cyberbullying pada pada orang lain karena pelaku memiliki empati yang rendah kepada orang lain. Cyberbullying merupakan perilaku sengaja yang menggunakan teknologi seperti komputer, handphone dengan tujuan untuk mempermalukan, menyiksa, atau bahkan mengancam korbannya yang berdampak secara psikologis, sosial, emosi yang dilakukan secara berulang, sedangkan empati merupakan kemampuan seseorang dalam mengembangkan rasa peduli dan menempatkan diri serta memahami perasaan orang lain serta berkomunikasi dengan orang lain baik verbal maupun nonverbal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara empati dengan perilaku cyberbullying pada remaja di SMP Cempaka. Responden yang di ambil sebanyak 66 orang pengambilan sample menggunakan tehnik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala empati dan skala cyberbullying. Hasil menunjukan ada hubungan negatif yang signifikan antara empati dengan cyberbullying yaitu (r) = -0,564 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Maka hipotesis yang diajukan peneliti diterima, yaitu semakin tinggi empatinya maka semakin rendah cyberbullyingnya. Kata Kunci: Cyberbullying, empati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Yunike Balsa Rhapsodia, M.Psi., Psikolog
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Raden Ola Triana
Date Deposited: 05 Apr 2019 06:26
Last Modified: 05 Apr 2019 06:26
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item