Pengalaman Komunikasi Pengasuh dalam Menangani Pasien Gangguan Jiwa di Panti Rehabilitasi Disabilitasi Mental Al-Fajar Berseri. (Studi Fenomenologi Pengasuh Dalam Menangani Pasien Gangguan Jiwa di Rehabilitas Disabilitas Al-Fajar Berseri, Kampung Pulo Desa Sumberjaya Tambun Selatan)

Nopi, Anggreani Putri (2018) Pengalaman Komunikasi Pengasuh dalam Menangani Pasien Gangguan Jiwa di Panti Rehabilitasi Disabilitasi Mental Al-Fajar Berseri. (Studi Fenomenologi Pengasuh Dalam Menangani Pasien Gangguan Jiwa di Rehabilitas Disabilitas Al-Fajar Berseri, Kampung Pulo Desa Sumberjaya Tambun Selatan). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201410415153_Nopi Anggreani Putri_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
201410415153_Nopi Anggreani Putri_BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201410415153_Nopi Anggreani Putri_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
201410415153_Nopi Anggreani Putri_BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201410415153_Nopi Anggreani Putri_Daftar Pustaka.pdf

Download (491kB)
[img] Text (Lampiran)
201410415153_Nopi Anggreani Putri_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Panti Rehabilitasi Disabilitas Al-Fajar Berseri yang menangani pasien gangguan jiwa yang tidak memiliki latar belakang pendidikan, sehingga dalam penangananya menggunakan cara terapi dan binaan mental dari berbagai kegiatan-kegiatan. Penelitian ini membahas mengenai pengalaman komunikasi pengasuh dalam menangani pasien gangguan jiwa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori interaksi simbolik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menangani pasien gangguan kejiwaan yang cukup sulit karena keterbatasan mental dan memiliki emosional yang berbeda dengan orang-orang normal pada umumnya. Dengan ini, dibutuhkan pengasuh yang memiliki kesabaran, ketulusan dan keikhlasan dalam menangani pasien dan juga kemampuan komunikasi yang handal dalam melakukan pembinaan mental kepada para pasien. Selanjutnya komunikasi secara berulang-ulang yang memotivasi dan memberikan semangat untuk pulih bagi pasien gangguan kejiwaan di Panti AL-Fajar Berseri. Kata Kunci: Pengalaman Komunikasi, Pengasuh, Interaksi Simbolik, Pasien Gangguan Jiwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I: Drs.Nasaruddin Siregar, M.Si., Pembimbing II: Aryadillah, S.Sos.I.,MM.,M.I.Kom
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ludfia
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:02
Last Modified: 05 Apr 2019 07:02
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1809

Actions (login required)

View Item View Item