Penerapan Metode Natural Language Processing (NLP) Pada Question Answering System Untuk Media Informasi Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta

Ramadhandi, Nurfan (2019) Penerapan Metode Natural Language Processing (NLP) Pada Question Answering System Untuk Media Informasi Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201210225045_Nurfan Ramadhandi_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
201210225045_Nurfan Ramadhandi_BAB I.pdf

Download (752kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201210225045_Nurfan Ramadhandi_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201210225045_Nurfan Ramadhandi_Daftar Pustaka.pdf

Download (542kB)
[img] Text (Lampiran)
201210225045_Nurfan Ramadhandi_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Informasi adalah salah satu kata kunci pada era globalisasi, dalam aktifitas kehidupan maka diperlukan sebuah informasi yang berguna bagi setiap orang. Penyampaian informasi kepada mahasiswa pada Universitas Bhayangkara disampaikan melalui beberapa cara yaitu, majalah dinding, grup Whatsapps fakultas, dan sistem informasi akademik untuk informasi yang berhubungan dengan aktifitas belajar mengajar. Beberapa cara tersebut masih dinilai kurang efektif untuk beberapa kasus yang penulis temukan di lapangan. Sebagai contoh staf fakultas seringkali kesulitan untuk membalas semua pertanyaan mahasiswa pada grup Whatapps fakultas, hal tersebut menjadi kendala bagi mahasiswa untuk memperoleh informasi yang akurat Untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya maka dianggap perlu mengimplementasikan sebuah teknologi chatbot agar menghasilkan informasi yang akurat terhadap informasi yang mereka butuhkan. Metode yang digunakan adalah Natural Language Processing (NLP) yang berfokus pada pengolahan bahasa natural. Hasil dari penerapan chatbot ini adalah dapat menyelesaikan pekerjaan pada staff fakultas untuk membantu membalas pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa melalui grup whatsapp fakultas dan Informasi yang didapatkan oleh mahasiswa jauh lebih cepat karena tidak perlu menunggu balasan dari staf fakultas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Informasi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, chatbot, NLP, Levenshtein Distance
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
KODE PRODI: KODEPRODI55201#Teknik Informatika
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ramadhandi, NurfanNIM201210225045
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDKusdarnowo, KusdarnowoNIDN0329076601
UNSPECIFIEDMahbub, Asep RamdhaniNIDN0329087703
Depositing User: Eni Astuti
Date Deposited: 19 May 2020 01:46
Last Modified: 19 May 2020 01:46
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2134

Actions (login required)

View Item View Item