Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Kusai, Kusai (2019) Penegakan Hukum dalam Penanggulangan Kekerasan oleh Anak sesuai pasal 5 ayat (1) Undang-UndangNomor 11 tahun 2012 pada SMA-SMK Negeri dan Swasta di Jakarta Utara Periode tahun 2013 sampai tahun 2016. Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201720251009_Kusai_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
201720251009_Kusai_BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201720251009_Kusai_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
201720251009_Kusai_BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201720251009_Kusai_Daftar Pustaka.pdf

Download (301kB)
[img] Text (Lampiran)
201720251009_Kusai_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penulis meneliti bagaimana implementasi restorative justice dalam upaya penegakan hukum dijakarta utara terhadap kekerasan oleh anak dihubungkan dengan peranan lembaga pendidikan dan bagaimana efektifitas penerapannya adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi penegakan hukum (melalui) Keadilan restorative terhadap anak yang melakukan tindak kekerasan dalam hubunganya dengan peranan lembaga pendidikan dan efektif penerapanya terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana kekerasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normative dengan karakteristik analisis deskriptif, yang sumber utamanya adalah data sekunder dan didukung oleh data primer. Data sekunder mencakup bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang dikumpulkan melalui studi literatur.Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi. Data sekunder disusun dalam bentuk analisis kualitatif, artinya data ditafsirkan dan didiskusikan berdasarkan teori hukum (doktrin/ajaran/pendapat ahli hukum), prinsip-prinsip hukum dan peraturan hukum yang berkaitan dengan maslah dalam penelitian, sehingga bahan hokum sekunder mendukung bahan hukum primer, bahan hokum tersier dan data primer (hasil wawancara / observasi) digunakan sebagai pendukung bahan hukum primer dan sekunder. Dengan menggunakan metode normatif-deskriptif, peneliti menganalisis implementasi penegakan hukum (melalui) Restoratif justice terhadap tindak kekerasan oleh anak sekolah menengah dijakarta utara dihubungkan dengan peranan satuan pendidikan sepanjang tahun 2013-2016, mendapat kesimpulan/hasil penelitian menunjukkan penegakan hokum melalui pendekatan restoratifjustice di Jakarta utara diterapkan dan cukup efektif sesuai dengan prinsip yang terkandung dalam UU No.11 tahun 2012 . Kata kunci: Penegakan hukum, Keadilan Rostorative, kekerasan Anak Sekolah, peranan satuan pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penegakan hukum, Keadilan Rostorative, kekerasan Anak Sekolah, peranan satuan pendidikan
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Febi Sugiarti
Date Deposited: 19 May 2020 01:44
Last Modified: 19 May 2020 01:44
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2197

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year