Identifikasi Variabel Kualitas Jasa dan Bauran Pemasaran yang Berpengaruh terhadap Kepuasan Mahasiswa di STBA Cipto Hadi Pranoto

Navanti, Dovina and Miranto, Sujiyo and Panday, Rorim (2017) Identifikasi Variabel Kualitas Jasa dan Bauran Pemasaran yang Berpengaruh terhadap Kepuasan Mahasiswa di STBA Cipto Hadi Pranoto. Jurnal Karya Ilmiah, 17 (2). pp. 45-50. ISSN 1410-9794

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan mahasiswa di STBA Cipto Hadi Pranoto. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 68 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan instrumen penelitian berupa kuesioner kepada responden. Pengolahan data menggunakan analisis regresi dengan bantuan SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa service quality yang terdiri dari yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible memberi penngaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa, sedangkan marketing mix yang terdiri dari product, price, promotion dan place memberi hubungan negatif terhadap kepuasan mahasiswa, artinya marketing mix belum dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa di STBA Cipto Hadi Pranoto Hasil uji t variabel service quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, karena t hitung = 5.454, lebih besar dari t-tabel pada signifikansi = 0.05 (t-tabel = 1.997). Sedangkan variabel marketing mix tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan t-hitung = 1.624, lebih kecil dari t-tabel pada signifikansi = 0.05 (t-tabel = 1.997). Artinya, variabel marketing mix ini memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis dan temuan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa hanya variabel service quality yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di STBA Cipto Hadi Pranoto.

Item Type: Article
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Navanti, Dovina0327037601
Miranto, Sujiyo2028126801
Panday, Rorim0425025801
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
AuthorNavanti, Dovina0327037601
Depositing User: Dovina navanti
Date Deposited: 19 May 2020 01:30
Last Modified: 19 May 2020 01:30
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2265

Actions (login required)

View Item View Item