Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Noorzaini, Hikmahtul Uzma Azzahra (2021) Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Online Melalui Instagram Berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Undergraduate thesis, Univeritas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201710115045_Hikmahtul Uzma Azzahra N_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (658kB)
[img] Text
201710115045_Hikmahtul Uzma Azzahra N_BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
201710115045_Hikmahtul Uzma Azzahra N_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201710115045_Hikmahtul Uzma Azzahra N_BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
201710115045_Hikmahtul Uzma Azzahra N_Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB)
[img] Text
201710115045_Hikmahtul Uzma Azzahra N_lam;piran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)

Abstract

Kasus jual beli melalui media online instagram, dimana sudah ada peraturan Undang- Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang merupakan upaya perlindungan konsumen terhadap jual beli melalui media online instagram. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat normatif empiris dan data yang digunakan yaitu data primer dengan menggunakan bahan-bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Upaya penyelesaian perlindungan konsumen bertujuan untuk melindungi para konsumen yang telah mengalami kerugian di karenakan tindakan yang di lakukan oleh para pihak pelaku usaha yang tidak bertanggungjawab seperti melakukan penipuan online, barang yang tidak dikirim, barang rusak pada saat diterima, dan barang yang tidak sesuai dengan yang diinformasikan yang cenderung merugikan para konsumen. Penelitian ini juga mewawancarai Ibu Widya Romasindah Aidy, S.Psi., MH., selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Kampus II Bekasi) dan Wawancara dengan Ibu Maryam Haninah S.KG selaku Mahasiswi dari Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) yang telah mengalami kerugian dan tidak mendapatkan hak-haknya sebagai konsumen. Hasil wawancara ini menyatakan bahwa para konsumen merasa dirugikan atas perbuatan yang dilakukan pihak pelaku usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:28
Last Modified: 25 Jul 2023 03:28
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/22735

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year