Implementasi Algoritma K-Means Clustering pada Sistem Evaluasi Proses Belajar Mengajar Berbasis Web (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Bekasi).

Rasyid, Fadel Jufri (2019) Implementasi Algoritma K-Means Clustering pada Sistem Evaluasi Proses Belajar Mengajar Berbasis Web (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Bekasi). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201510225094_Fadel Jufri Rasyid_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
201510225094_Fadel Jufri Rasyid_BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB II,III, IV)
201510225094_Fadel Jufri Rasyid_BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
201510225094_Fadel Jufri Rasyid_BAB V.pdf

Download (130kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201510225094_Fadel Jufri Rasyid_Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)
[img] Text (Lampiran)
201510225094_Fadel Jufri Rasyid_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Untuk memastikan suksesnya program pendidikan diperlukan kegiatan proses belajar mengajar yang efektif. Dalam menyempurnakan proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan berbagai upaya, salah satunya dengan mengevaluasi proses belajar mengajar dengan mengumpulkan data secara langsung dari siswa mengenai kegiatan belajar mengajar yang mereka laksanakan dengan sebuah kuesioner yang dibagikan pada siswa. Namun, proses ini masih memiliki beberapa kendala seperti proses rekapitulasi dan analisis secara manual yang membutuhkan waktu yang cukup lama, penggunaan tenaga yang kurang efisien dengan membagikan dan mengumpulkan kuesioner secara langsung dan adanya beberapa data yang kurang lengkap atau tidak dapat dianalisa akibat human error baik dalam kesalahan penulisan atau hilang saat pengumpulan. Sebagai upaya dalam membantu SMA Negeri 4 Bekasi dalam meningkatkan efisiensi proses evaluasi proses belajar mengajar, penulis mengimplementasikan sebuah sistem evaluasi proses belajar mengajar yang dapat mengumpulkan data secara online, lalu melakukan analisis pada data kuesioner pengalaman belajar yang didapat dari Siswa SMA Negeri 4 Bekasi dengan algoritma K-Means Clustering untuk mendapat hasil evaluasi yang cepat, dan validasi input untuk mencegah human error. Kata kunci : aplikasi berbasis web, k-means clustering, evaluasi proses belajar mengajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aplikasi berbasis web, k-means clustering, evaluasi proses belajar mengajar
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Komputer > Pemrograman
Teknologi dan Ilmu Terapan > Komputer > Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
Teknologi dan Ilmu Terapan > Komputer
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
KODE PRODI: KODEPRODI55201#Teknik Informatika
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rasyid, Fadel JufriNIM201510225094
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
Thesis advisorMuhajirin, AdiNIDN0318038501
Thesis advisorRamdhania, Khairunnisa FadhillaNIDN0328039201
Depositing User: Taufik Tri Muladi
Date Deposited: 02 Jun 2020 01:44
Last Modified: 02 Jun 2020 01:44
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item View Item