Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Estivani, Sila (2021) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Karangan Narasi Berbantuan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V di SDN Kebalen 02 Babelan. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201710615006_Sila Estivani_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (987kB)
[img] Text
201710615006_Sila Estivani_BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
201710615006_Sila Estivani_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
201710615006_Sila Estivani_BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
201710615006_Sila Estivani_Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)
[img] Text
201710615006_Sila Estivani_Lampirans.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan keterampilan berbicara, dan 2) meningkatkan aktivitas pembelajaran keterampilan berbicara melalui karangan narasi berbantuan media gambar seri pada siswa kelas V SDN Kebalen 02 Babelan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebalen 02 Babelan tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 15 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis & Mc Taggart yang meliputi: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) observasi, 2) wawancara, 3) tes, dan 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menganalisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan keterampilan berbicara siswa. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 13, pada kondisi awal 50% meningkat menjadi 63%. Peningkatan siklus II sebesar 25, pada kondisi awal 50% meningkat menjadi 75%. Peningkatan siklus III sebesar 37,5, pada kondisi awal 50% meningkat menjadi 87,5%. Hal ini menyebabkan keterampilan berbicara siswa juga meningkat. Peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar seri pada siklus I sebesar 2,1, pada kondisi awal 67,8 meningkat menjadi 69,9. Peningkatan pada siklus II sebesar 5,4, pada kondisi awal 67,8 meningkat menjadi 75,3. Peningkatan pada siklus III sebesar 10,13, pada kondisi awal 67,8 meningkat menjadi 80,03.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Nov 2023 08:47
Last Modified: 27 Nov 2023 08:47
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/24798

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year