Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Payung, Desmita (2022) Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Virtual Physics Education Technology (PhET) Laboratory dalam Pembelajaran Inkuiri Terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa SDN Perwira 06 Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615062_Desmita Payung_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (912kB)
[img] Text
201810615062_Desmita Payung_BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
201810615062_Desmita Payung_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img] Text
201810615062_Desmita Payung_BAB V.pdf

Download (392kB)
[img] Text
201810615062_Desmita Payung_Daftar Pustaka.pdf

Download (507kB)
[img] Text
201810615062_Desmita Payung_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Simulasi Virtual Physics Education Technology (PhET) Laboratory dalam pembelajaran inkuiri terhadap penguasaan konsep IPA siswa Sekolah Dasar Kelas IV SDN Perwira 06 Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek yaitu Guru Kelas IV, dan siswa kelas IV SDN Perwira 06 Kota Bekasi. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 33 orang, kelas kontrol berjumlah 35 orang. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode tes konsep dasar sains di SD berupa soal essay, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, taraf signifikan 5% = 0,05. Analisis inferensial adalah teknik analisis data yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah hipotesis dalam penelitian diterima atau ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media simulasi virtual Physics Education Technology (PhET) Laboratory dalam pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap penguasaan konsep IPA siswa. Hal ini ditunjukkan adanya perbedaan signifikan rata-rata hasil nilai kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan pembelajaran PhET yaitu 83.15, dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional yaitu 52.17. Dari hasil uji hipotesis juga diperoleh nilai sig. (2- thailed) 0.000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa pada penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: PhET, Pembelajaran Inkuiri, Penguasaan Konsep IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:47
Last Modified: 26 Dec 2023 17:47
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25210

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year