Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Mariana, Mellinda (2022) Peningkatan Keterampilan Menulis Nonfiksi Menggunakan Teknik Buzz (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas V SDN Wanasari 06 Cibitung Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615099_Melinda Maria_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (924kB)
[img] Text
201810615099_Melinda Maria_BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
201810615099_Melinda Maria_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201810615099_Melinda Maria_BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
201810615099_Melinda Maria_Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB)
[img] Text
201810615099_Melinda Maria_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan teknik buzz terhadap siswa kelas V C SDN Wanasari 06 Cibitung. Jenis penelitian ini adalah classroom action research (penelitian tindakan kelas). Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V C SDN Wanasari 06 Cibitung dengan jumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data, yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil tes siswa dianalisis dengan teknik data kuantitatif sedangkan data proses penelitian dianalisis dengan teknik kualitatif. Hasil pembelajaran menulis nonfiksi dengan memperhatikan lima aspek yaitu, ide atau gagasan, susunan paragraf, diksi atau pilihan kata, ejaan atau tanda baca, dan kerapian menulis karangan nonfiksi. Ratarata nilai siswa dari pra tindakan 58,5 dengan persentase banyaknya siswa yang mencapai rerata sebesar 5,55%. Setelah dilaksanakan siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,28 dengan persentase siswa mencapai rerata sebesar 44,44%. Pada siklus II hasil penelitian menujukkan peningkatan keterampilan menulis dengan menggunakan teknik buzz pada siswa kelas V C SDN Wanasari 06 Cibitung telah mencapai nilai rata-rata siswa menjadi 78,33 dengan persentase siswa mencapai rerata sebesar 72,22% dikatakan telah mencapai indikator keberhasilan. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu guru hendaknya menerapkan penggunaan teknik buzz dalam pembelajaran menulis nonfiksi untuk menumbuhkan minat, keberanian siswa dalam mengungkapkan ide, pendapat, pertanyaan dan saran untuk meningkatkan keterampilan menulis. Kata Kunci : keterampilan menulis, teknik buzz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:49
Last Modified: 26 Dec 2023 17:49
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25233

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year