Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Maulidri, Alifia (2023) Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas III di SD Harapan Baru 2 Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615036_Alfia Maulidri_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (757kB)
[img] Text
201810615036_Alfia Maulidri_BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Text
201810615036_Alfia Maulidri_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201810615036_Alfia Maulidri_BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
201810615036_Alfia Maulidri_Daftar Pustaka.pdf

Download (341kB)
[img] Text
201810615036_Alfia Maulidri_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahi macam-macam kesulitan membaca permulaan pada Siswa kelas III SDN Harapan Baru 2 Kota Beaksi tahun ajaran 2021/2022 ; (2) untuk menemukan faktor penyebab kesulitan membaca permulaan pada Siswa di kelas III SDN Harapan Baru 2 Kota Beaksi ajaran 2021/2022; (3) mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan pada Siswa kelas III SDN Harapan Baru 2 Kota Bekasi tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas III. Sumber data yang digunakan meliputi guru kelas III dan Siswa kelas III. Data yang digunakan berupa data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik ini adalah teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jenis kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh Siswa kelas III yaitu: (a) belum mampu menganalisis kata menjadi huruf, (b) pemahaman simbol bunyi, (c) kesulitan dalam merangkai kata dan huruf serta membaca kata demi kata; (2) faktor penyebab Siswa mengalami kesulitan membaca permulaan antara lain: (a) faktor internal, (b) faktor eksternal; (3) alternatif solusi yang dapat diterapkan guru untuk mengatasi Siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan meliputi: menggunakan metode eja; b) metode SAS; c) metode global; d) metode bunyi; e) menggunakan media kumpulan kata; f) media huruf magnetik; g) mengadakan kelas tambahan atau les

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:51
Last Modified: 26 Dec 2023 17:51
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25262

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year