Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Shafa, Nurlita (2023) Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V dengan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Teluk Pucung 6. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615034_Shafa Nurlita_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (584kB)
[img] Text
201810615034_Shafa Nurlita_BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
201810615034_Shafa Nurlita_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
201810615034_Shafa Nurlita_BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
201810615034_Shafa Nurlita_Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB)
[img] Text
201810615034_Shafa Nurlita_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa, penerapan model pembelajaran, masalah dalam aspek kebahasan dan non kebahasaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V, SDN Teluk Pucung 6. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V. Penelitian dilaksanakan di SDN Teluk Pucung 6. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Sugiono yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) dalam kegiatan berbicara, sebagian siswa sudah cukup terampil dalam menyusun ketepatan ucapan, penggunaan nada, pemilihan kata (diksi), serta pola struktur kalimat, walaupun ada juga sebagian siswa yang kurang terampil. (2) dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran role playing guru membuat model pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran guna mempermudah siswa untuk menguasai materi lebih baik. Sedangkan upaya guru : a) memberikan motivasi, b) menggunakan strategi belajar yang tepat, c) memberikan hukuman yang mendidik, d) interaksi yang baik, e) evaluasi pembelajaran. Dengan demikian, kemampuan dalam keterampilan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sangat penting dikuasai oleh siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:52
Last Modified: 26 Dec 2023 17:52
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25282

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year