Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Aditia, Novilia (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPS Tema 7 Subtema 2 Kelas V SDN Harapan Jaya XVIII. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615065_Novilia Aditia_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201910615065_Novilia Aditia_BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
201910615065_Novilia Aditia_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201910615065_Novilia Aditia_BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
201910615065_Novilia Aditia_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)
[img] Text
201910615065_Novilia Aditia_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Harapan Jaya XVIII melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada Mata Pelajaran IPS Peristiwa Proklamasi. Penelitian menggunakan Penelitian tindakan Kelas dengan 2 siklus, masing - masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Harapan Jaya XVIII dengan jumlah siswa 31 orang. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar siswa pada materi peristiwa proklamasi semakin meningkat. Berdasarkan rata-rata nilai siswa pada kondisi awal menunjukan nilai sebesar 61,3 dan pada siklus I meningkat menjadi sebesar 78,3, dan rata-rata nilai siswa kembali menunjukan adanya peningkatan menjadi 88,2 pada siklus II. Selain itu berdasarkan nilai tertinggi yang diperoleh siswa juga menunjukan peningkatan, nilai tertinggi pada kondisi awal sebesar 80 dan menjadi meningkat sebesar 100 pada siklus I dan II. Adapun presentase ketuntasan belajar pada kondisi awal hanya mencapai 12,9%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 61,2%. Persentase ketuntasan belajar meningkatkan kembali pada siklus II menjadi sebesar 80,6% dan melebihi target yang telah ditetapkan yaitu 70%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi peristiwa proklamasi pada siswa kelas V SDN Harapan Jaya XVIII

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:51
Last Modified: 27 Dec 2023 02:51
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25326

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year