Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Ananda, Rezky Meilani (2023) Analisis Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam menanamkan nilai kejujuran siswa Kelas VA pada mata pelajaran PPKn SDN Sumber Jaya 06 Tambun Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615055_Rezky Meilani Ananda_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201910615055_Rezky Meilani Ananda_BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
201910615055_Rezky Meilani Ananda_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img] Text
201910615055_Rezky Meilani Ananda_BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
201910615055_Rezky Meilani Ananda_Daftar Pustaka.pdf

Download (515kB)
[img] Text
201910615055_Rezky Meilani Ananda_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam menanamkan nilai kejujuran siswa VA pada mata pelajaran PPKn di SDN Sumber Jaya 06 Tambun Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam menanamkan nilai kejujuran siswa kelas VA pada mata pelajaran PPKn SDN Sumber Jaya 06 Tambun Selatan 06. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis data, penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT ) dalam menanamkan nilai kejujuran siswa Kelas VA pada mata pelajaran PPKn SDN Sumber Jaya 06 Tambun Selatan dapat menciptakan proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Aktif dimaksudkan bahwa proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya dan mengemukakan gagasan. Hal ini dapat diuraikan pada nilai karakter kejujuran yang ditanamkan pada diri siswa melalui penerapan model pembelajaran VCT. Kesimpulan dan hasil penelitian Pelaksanaan model VCT memiliki dampak positif dimana peserta didik turut andil dalam menganalisis karakter yang terkandung di dalam media cerita. Disisi lain pembentukan karakter peserta didik diharapkan dapat menjadi ukuran dan barometer dalam mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model Value Clarification Technique sangat cocok digunakan pada pembelajaran PPKn dalam menanamkan nilai kejujuran siswa kelas VA di SDN Sumber Jaya 06 Tambun Selatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:51
Last Modified: 27 Dec 2023 02:51
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25334

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year