Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Kumalasari, Sandrina (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV di SDN Margajaya I Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615019_Sandrina Kumalasari_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201910615019_Sandrina Kumalasari_BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
201910615019_Sandrina Kumalasari_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
201910615019_Sandrina Kumalasari_BAB V.pdf

Download (138kB)
[img] Text
201910615019_Sandrina Kumalasari_Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB)
[img] Text
201910615019_Sandrina Kumalasari_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Terdapat permasalahan pada pelajaran Bahasa Indonesia terutama materi cerita fiksi guru hanya menggunakan metode konvensional. Ketika menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran, guru lebih berperan daripada siswa. Hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif ketika mengikuti proses pembelajaran, sehingga tujuan penelitian ini untuk pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek yaitu siswa kelas IV SDN Margajaya I. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode tes keterampilan membaca pemahaman di SD berupa soal pilihan ganda, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, taraf signifikan 5% = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan pembelajaran Talking Stick yaitu 75,22, dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional yaitu 68,04. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-thailed) 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:51
Last Modified: 27 Dec 2023 02:51
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25337

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year