Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Indriyani, Tiara (2023) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Pada Siswa SDN Wanajaya 03. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615079_Tiara Indriyani_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (958kB)
[img] Text
201910615079_Tiara Indriyani_BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
201910615079_Tiara Indriyani_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
201910615079_Tiara Indriyani_BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text
201910615079_Tiara Indriyani_Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB)
[img] Text
201910615079_Tiara Indriyani_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Motivasi belajar menjadi salah satu faktor penting dalam pendidikan. Siswa perlu mempunyai motivasi baik dari dalam maupun luar diri siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya. Kurangnya motivasi belajar serta hasil belajar IPA menjadi permasalahan siswa di SDN Wanajaya 03. Penelitian ini mengeksplorasi peran penting dari motivasi belajar dalam membentuk hasil pendidikan siswa, dengan fokus khusus pada domain pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk menilai adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa di SDN Wanajaya 03. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Populasi penelitian terdiri dari 991 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, sedangkan analisis data melibatkan analisis deskriptif, uji normalitas, uji reliabilitas, dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar sains, dengan koefisien korelasi sebesar 0,000. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan bermakna antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa di SDN Wanajaya 03. Sebagai rekomendasi, guru disarankan untuk memberikan dukungan motivasi untuk mendorong pertumbuhan pribadi dan perkembangan akademik siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:52
Last Modified: 27 Dec 2023 02:52
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25346

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year