Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Filzi, Jovan Ibnu (2019) Taktik Impression Management Presiden Joko Widodo Melalui Akun Twitter @jokowi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201510415178_Jovan Ibnu Filzi_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
201510415178_Jovan Ibnu Filzi_BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201510415178_Jovan Ibnu Filzi_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
201510415178_Jovan Ibnu Filzi_BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201510415178_Jovan Ibnu Filzi_Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB)
[img] Text (Lampiran)
201510415178_Jovan Ibnu Filzi_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan persentase taktik impression management dalam tweet miliki Presiden Joko Widodo dalam akun twitter @Jokowi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi kuantitatif dengan menggunakan teori Impression Management milik Jones dan Pittman. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini yaitu dengan cara simple random sampling dengan mengambil 84 tweets dari total 511 tweets Presiden Joko Widodo selama masa kampanye Pilpres 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa taktik yang paling banyak digunakan oleh Presiden Joko Widodo adalah taktik ingratiation dengan persentase 39,29%, dimana ia ingin mendapatkan kesan positif dari masyarakat dengan menampilkan dirinya sebaik mungkin kepada publik, dengan cara menampilkan bahwa dirinya merupakan sosok yang ramah, murah hati, serta bersimpati kepada orang lain. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, bahwa persentase taktik self promotion sebesar 34,52%, ingratiation 39,29%, exemplification 25,00%, intimidation 1,19%, serta tidak adanya taktik supplication yang digunakan pada tweets Presiden Jokowi. Kata Kunci: Taktik Impression Management, Presiden Joko Widodo, Twitter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Taktik Impression Management, Presiden Joko Widodo, Twitter
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Raden Ola Triana
Date Deposited: 05 Jun 2020 05:41
Last Modified: 05 Jun 2020 05:41
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year