Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Prastyo, Sandhy Adi (2021) Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Minuman Herbal di UKM Dengan Metode SWOT. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201610215181_Sandhy Adi Prastyo_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201610215181_Sandhy Adi Prastyo_BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
201610215181_Sandhy Adi Prastyo_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201610215181_Sandhy Adi Prastyo_BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
201610215181_Sandhy Adi Prastyo_Daftar pustaka.pdf

Download (96kB)
[img] Text
201610215181_Sandhy Adi Prastyo_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

UKM Minuman Herbal adalah usaha yang memproduksi minuman herbal jenis jahe yang berdiri pada tahun 2012, merupakan usaha home industry yang berada di Kota Bekasi. UKM Minuman Herbal memliki 3 karyawan. Permasalahan yang terjadi di UKM Minuman Herbal yaitu, tidak terpenuhinya target penjualan yang diinginkan oleh UKM karena pesaing UKM semakin ketat, dimana kebutuhan akan minuman herbal kesehatan lebih memilih harga yang lebih murah. Analisis strategi pemasaran menggunakan dengan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opppurtunities, Threats) yang dimana metode SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman produk kepada konsumen maupun ke pemilik UKM dengan menggunakan perhitungan IFAS dan EFAS. Mengetahui Strengths dalam produk minuman herbal merk “X”. Mengetahui Weaknesses dalam produk minuman herbal merk “X”. Mengetahui Opppurtunities dalam produk minuman herbal merk “X”. Mengetahui Threats dalam produk minuman herbal merk “X”. Hasil dari penelitian mendapatkan nilai dari Strengths 2 (II Diversifikasi), Weaknesses 1,5 (IV Turm Arround), Opppurtunities 2 (I Agresive), dan Threats 2,5 (III Diversifikasi). Koordinat yang menunjukan bahwa grafik menunjukan di no II yaitu diversifikasi, dimana hasil ini bahwa produk mempunyai kekuatan yang baik namun mempunyai ancaman yang cukup tinggi. Menentukan nilai TAS tertinggi yaitu sebesar 7,20 yang berarti harus membuat potongan harga, dengan metode QSPM. Dan yang terakhir pemilik UKM mengikuti apa yang sedang trend agar mudah diterima kalangan anak muda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Industri > Pengendalian Kualitas
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Jan 2024 23:18
Last Modified: 25 Jan 2024 23:18
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/26382

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year