Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Agustin M, Tina (2023) Representasi Pria metroseksual dalam iklan shampo Pantene Miracles Hair Supplement versi Keanu Angelo. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
2018101415178_Tina Agustin M_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2018101415178_Tina Agustin M_BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
2018101415178_Tina Agustin M_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
2018101415178_Tina Agustin M_BAB V.pdf

Download (137kB)
[img] Text
2018101415178_Tina Agustin M_Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text
2018101415178_Tina Agustin M_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media massa saat ini cenderung menentukan iklan produk perawatan untuk wanita, produk perawatan untuk pria cenderung baru di kalangan indonesia. Iklan pada saat ini menempatkan pria sebagai obyek seksual. Standar iklan pada masyarakat terutama pria adalah menjadi sosok yang sensitif dan kepekaan. Pria macho sekarang tergantikan oleh sosok pria yang tegar dan lemah lembut yang disebut pria metroseksual. Pantene selama ini dikenal sebagai salah satu brand perawatan rambut yang mempresentasikan kecantikan wanita, karena Pantene mengutamakan wanita sebagai brand ambassador dalam bintang iklan. Pada 2 Januari 2022, Pantene berani merubah pemikiran tersebut dan berkerja sama dengan salah satu selebgram yaitu Keanu Angelo yang bertujuan untuk memberikan pesan menarik di dalam iklan campaign hastag #RambutCapek yang memperkenalkan produk baru yaitu Miracles Hair Supplement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi dan makna konotasi pria metroseksual direpresentasikan dalam video iklan shampo Pantene Miracles Hair Supplement Versi Keanu Angelo. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika oleh Roland Barthes. Analisis ini difokuskan pada adegan-adegan yang mengadung tanda-tanda dominan metroseksual. Hasil penelitian menemukan karakterisktik pria metroseksual yang terkandung dalam iklan shampo Pantene Miracles Hair Supplement Versi Keanu Angelo. Tanda yang dapat diartikan sebagai kebiasaan pria metroseksual adalah, pria yang suka merawat diri, pria yang menjaga penampilan diri dan pria yang mampu menunjukkan sisi emosionalnya, sensitif, agresif dan narsis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:39
Last Modified: 26 Feb 2024 05:39
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27667

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year