Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Utomo, Zelika Ananda Sri (2023) Strategi Tata Kelola Akun Instagram Dalam Membangun Personal Branding Selebgram (Studi pada Akun Instagram @livingthebside). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910415229_Zelika Ananda Sri Utomo_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201910415229_Zelika Ananda Sri Utomo_BAB I.pdf

Download (818kB)
[img] Text
201910415229_Zelika Ananda Sri Utomo_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
201910415229_Zelika Ananda Sri Utomo_BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
201910415229_Zelika Ananda Sri Utomo_Daftar Pustaka.pdf

Download (329kB)
[img] Text
201910415229_Zelika Ananda Sri Utomo_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Instagram merupakan media sosial yang digunakan untuk mendistribusikan informasi dalam bentuk visual (foto dan video) yang dikelola, diedit, dan dibagikan kepada pengguna lain dengan cepat dan mudah. Kehadiran Selebriti Instagram memicu fenomena pembentukan personal branding seseorang di media sosial khususnya Instagram. Seiring perkembangan teknologi, Personal branding lazim dilakukan oleh seseorang untuk membangun suatu brand pada dirinya. Dita Kusuma Puspitasari dengan sukses membangun personal branding di akun @livingthebside dan dikenal sebagai influencer di bidang homedecor, Dita dapat menjadi selebriti Instagram karena memiliki branding yang kuat sehingga dapat mempengaruhi para followersnya dan mendapatkan engagement yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan personal branding Dita Kusuma Puspitasari di Instagram dengan menjabarkan konsep Peter Montoya 1) Specialization, 2) Leadership), 3) Personality, 4) Distinctiveness, 5) Visibility, 6) Unity, 7) Persistence, 8) Good will. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif dan menggunakan paradigma konstruktivisme. Teknik pengolahan Data penelitian dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder, pengumpulan data tersebut melalui observasi pada akun Instagram @livingthebside, wawancara dengan para informan, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah seorang selebriti Instagram yaitu Dita Kusuma Puspitasari mempresentasikan brandingnya dengan menerapkan faktor pembentuk personal branding yaitu Kompetensi, Gaya atau lifestyle, dan standar. Selain itu, Dita Kusuma Puspitasari membangun personal branding di iringi dengan 8 (delapan) personal branding yang dicetuskan oleh Peter Montoya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:39
Last Modified: 26 Feb 2024 05:39
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27676

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year