Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Pramesty, Annisa Indhira (2023) Interaksi Komunikasi Interpersonal Guru dengan Anak Down Syndrome dalam Proses Belajar (Studi Deskriptif Pada Kelas 9 SMP di SLB Karya Mulya Kota Jakarta Timur). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910415132_Annisa Indhira_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (982kB)
[img] Text
201910415132_Annisa Indhira_BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
201910415132_Annisa Indhira_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
201910415132_Annisa Indhira_BAB V.pdf

Download (328kB)
[img] Text
201910415132_Annisa Indhira_Daftar Pustaka.pdf

Download (479kB)
[img] Text
201910415132_Annisa Indhira_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi komunikasi interpersonal guru dengan anak down syndrome dalam melakukan proses belajar di SLB Karya Mulya khususnya di kelas 3 SMP. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang informan yang merupakan guru pengajar SMP di SLB Karya Mulya yang dipilih secara purposive sampling. Hasil dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam berinteraksi dengan anak down syndrome, guru menggunakan jenis komunikasi interpersonal. Dimana pada jenis komunikasi tersebut dapat terjalin hubungan interpersonal yang dapat mendukung komunikasi saat proses belajar berlangsung. Untuk mendukung proses pembelajaran, guru memberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh anak down syndrome dengan menggunakan bahasa verbal dan non-verbal. Komunikasi yang dilakukan guru dengan anak down syndrome terbentuk melalui sebuah proses interaksi simbolik dengan menggunakan 3 unsur interaksi simbolik yang dicetuskan oleh Goerge Herbert Mead yaitu mind, self, society. Dimana pada mind merupakan proses berpikir guru dalam mempersiapkan komunikasi yang baik untuk proses pembelajaran. Pada self merupakan proses penyesuaian diri guru tersebut dalam berkomunikasi dengan anak down syndrome. Sedangkan pada society merupakan lingkungan sekolah tersebut yang membantu dalam mendukung perkembangan anak down syndrome sehingga dapat memberikan hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:46
Last Modified: 25 Mar 2024 04:46
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28168

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year