Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Cahyadi, Devita Fitri (2023) Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Mengedukasi Anak Prasekolah Pada Tontonan Serial Animasi Spongebob Squarepants Di Televisi GTV (Studi Deskriptif Di Wilayah Kampung Cigorowong Desa Cintajaya Kecamatan Tanjungjaya). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201610415021_Devita Fitri Cahyadi_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (901kB)
[img] Text
201610415021_Devita Fitri Cahyadi_BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
201610415021_Devita Fitri Cahyadi_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201610415021_Devita Fitri Cahyadi_BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
201610415021_Devita Fitri Cahyadi_Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB)
[img] Text
201610415021_Devita Fitri Cahyadi_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Televisi sebagai media sampai saat ini masih digemari oleh anak-anak, salah satunya program televisi Spongebob Squarepants. Peran orang tua terhadap anak memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter sejak usia prasekolah, pola komunikasi orang tua juga menjadi bagian terpenting dalam mendidik anak. Disini ibu sebagai sosok orang tua yang dekat dengan anaknya juga memiliki peranan dalam membentuk karakter anak. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan informan 6 orang ibu memiliki anak prasekolah berusia 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis berupa menarik kesimpulan dari reduksi data. Penelitian ini dibuat pada 09 Februari 2023 sampai 20 Maret 2023. Hasil penelitian ini membuktikan ternyata masih banyak adegan kekerasan pada serial animasi Spongebob Squarepants di televisi GTV, hasil temuan dilapangan ditemukan pola komunikasi otoriter yang diterapkan oleh informan 3 ibu Sari dan informan 4 ibu Evih dengan ditunjukkan komunikasi satu arah terhadap anak dengan ciri pihak anak dirugikan dan tidak diberikan kesempatan untuk berpendapat. Pola komunikasi demokratis diterapkan oleh informan 1 ibu Nia, informan 2 ibu Sari, dan informan 5 ibu Kholifah dengan ditunjukkan dengan komunikasi dua arah saling mendengarkan satu sama lain terhadap anak dengan ciri mengembangkan konsep diri yang positif. Pola komunikasi permisif diterapkan oleh informan 6 ibu Elin ditunjukkan dengan sikap tidak peduli kepada anaknya, cenderung tidak menanggapi anak berbicara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:47
Last Modified: 25 Mar 2024 04:47
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28194

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year