Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Haryani, Susanti (2023) Representasi Kenyamanan Dalam Iklan Tokopedia Edisi Rumah Rahasia (Analisis Semiotika Model Charles Sanders Peirce). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910415113_Susanti Haryani_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
201910415113_Susanti Haryani_BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
201910415113_Susanti Haryani_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
201910415113_Susanti Haryani_BAB V.pdf

Download (238kB)
[img] Text
201910415113_Susanti Haryani_Daftar Pustaka.pdf

Download (258kB)
[img] Text
201910415113_Susanti Haryani_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)

Abstract

Iklan Tokopedia edisi Rumah Rahasia ini merupakan sebuah iklan bertajuk film pendek yang mengangkat tema tentang perjalanan seseorang dalam mendekorasi rumahnya agar dapat memberika kenyamanan saat beraktifitas di dalam rumah. Kenyamanan adalah suatu fenomena keadaan yang harus mampu memenuhi setidaknya kebutuhan paling mendasar dari manusia untuk terhindar dari stress atau rasa sakit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data lewat teknik observasi dan dokumentasi pada ikan Tokopedia edisi Rumah Rahasia serta wawancara sebagai pendukung dalam mencari representasi dibalik fenomena kenyamanan pada Rumah lewat tanda-tanda yang ditampilkan dalam keseluruhan scene Iklan Tokopedia edisi Rumah Rahasia yang kemudian di analisis menggunakan model semiotika dari sudut pandang Charles Sanders Peirce dalam tiga aspek yaitu tanda, objek, dan interpretasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa elemen visual yang dapat merepresentasikan kenyamanan seperti, badan yang rileks, mimik wajah yang penuh gelak tawa, kemudahan menemukan kebutuhan yang di inginkan, serta tone warna hijau dan oranye yang melambangkan rasa nyaman dan hangat di setiap tampilannya. Kesimpulan makna representasi kenyamanan yang ditemuka dalam penelitian ini adalah Tokopedia hadir sebagai solusi atau jawaban dari segala kebutuhan, keperluan, dan gaya hidup para penggunanya dalam mencari kebahagiaan ataupun kesenangan di dalam rumahnya untuk mencapai sebuah kenyamanan lahir dan batin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:56
Last Modified: 25 Mar 2024 04:56
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28308

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year