Milda Handayani, MH (2025) KOMPETENSI, AGILE LEADERSHIP, SOCIAL MEDIA ENGAGEMENT, REPUTASI DAN BUSINESS PERFORMANCE UMKM KABUPATEN BEKASI. Doctoral thesis, Universitas Trisakti.
![]() |
Text
Disertasi MH Upload Elkite.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Disertasi MH Upload Elkite.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan- Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menganalisa hubungan Kompetensi, Agile Leadership, Social Media Engagement, Reputasi dan Business Performance UMKM Kabupaten Bekasi. Metode Penelitian- Dengan menggunakan sampel 277 UMKM, menggunakan metode analisis data Structural Equation Modeling (SEM) pada aplikasi AMOS. Hasil- Hasil menunjukkan bahwa kompetensi berpengaruh positif terhadap business performance, kompetensi berpengaruh positif terhadap reputasi, agile leadership berpengaruh positif terhadap reputasi, namun agile leadership tidak perpengaruh terhadap business performance, social media engagement berpengaruh positif terhadap business performance namun social media engagement tidak perpengaruh terhadap reputasi. Reputasi berpengaruh positif terhadap business performance. Terjadi full mediasi saat reputasi memediasi kompetensi dan business performance hal sama terjadi saat reputasi memediasi agile leadership dan business performance, namun saat reputasi memediasi social media engagement dan business performance terjadi mediasi parsial. Impikasi- Implikasi dari penelitian ini memperluas literatur tentang kompetensi UMKM, agile leadership, dan social media engagement dalam meningkatkan kinerja bisnis. Reputasi berperan sebagai mediator yang menghubungkan ketiga faktor tersebut dengan kinerja UMKM. Selain itu, penelitian ini menegaskan bahwa kinerja UMKM bersifat multidimensional dan dipengaruhi oleh berbagai faktor secara sinergis. Fokus pada UMKM di Kabupaten Bekasi juga memberikan kontribusi spesifik terhadap teori dalam konteks lokal. Implikasi Praktis- Implikasi praktis dari penelitian ini dapat membantu pemilik UMKM, pemangku kepentingan, dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan business performance di Kabupaten Bekasi. Dengan implikasi praktis ini, diharapkan memberikan dampak langsung yang signifikan pada pengembangan dan keberlanjutan UMKM di Kabupaten Bekasi, sekaligus meningkatkan daya saing UMKM di tingkat lokal maupun nasional.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Milda Handayani |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 01:02 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 01:02 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/34877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year