Pencarian Berdasarkan
Repository Terbaru
Fakultas
Penulis
Tahun
Subjek
Pencarian Berdasarkan
Repository Terbaru
Fakultas
Penulis
Tahun
Subjek
Ubharajaya Repository

Kebijakan Hukum Pidana Dalam Penanggulangan Kekerasan Seksual Terhadap Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polres Metro Jakarta Utara)

Samsono, Samsono (2016) Kebijakan Hukum Pidana Dalam Penanggulangan Kekerasan Seksual Terhadap Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polres Metro Jakarta Utara). Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img]
Preview
Text (Cover - Daftar Isi)
201620272001_Samsono_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
201620272001_Samsono_BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II, III, IV)
201620272001_Samsono_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
201620272001_Samsono_BAB V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
201620272001_Samsono_Daftar Pustaka.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
201620272001_Samsono_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak yang merupakan contoh kerentananposisi anak tersebut, utamanya terhadap kepentingan seksual. Citra anak yang telahditempatkan sebagai obyek seksual, berimplikasi jauh pada kehidupan anak, sehingga diaterpaksa harus selalu menghadapi kekerasan, pemaksaan dan penyiksaan secara fisik sertapsikis. Tindak pidana terhadap seksualitas itu tidak hanya terjadi pada lingkungan umum saja namun juga terjadi dalam lingkungan keluarga atau rumah yang seharusnya menjadi tempat paling aman bagi anggota keluarga untuk berlindung. Kekerasan seksual yang dilakukan terhadap anak di bawah umur tentunya akan berdampak pada psikologis maupun perkembangan lainnya terhadap anak tersebut. Dari uraian diatas di ajukan rumusan masalah sebagai berikut; bagaimana kebijakan hukum pidana mengatur perlindungan bagi anak yang berhadapan dengan hukum dalam kedudukannya sebagai korban kekerasan seksual dan upaya-upaya penanggulangan kejahatan kekerasan seksual terhadap anak yang berhadapan dengan hukum dapat dilaksanakan secara efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, yaitu dengan mengkaji atau menganalisis data sekunder yang berupa bahan-bahan hukum sekunder dengan memahami hukum sebagai perangkat peraturan atau norma-norma positif di dalam sistem perundang-undangan yang mengatur mengenai kehidupan manusia. Jadi penelitian ini dipahami sebagai penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian terhadap data sekunder. Kebijakan hukum pidana mengatur perlindungan bagi anak yang berhadapan dengan hukum dalam kedudukannya sebagai korban kekerasan seksual dalam penyelesaian perkara dan penjatuhan hukuman bagi terdakwa tidak semata-mata menjadi solusi utama atas perlindungan anak. Perlindungan terhadap kepentingan korban tindak pidana kekerasan seksual baik melalui proses peradilan pidana maupun melalui sarana kepedulian social tertentum merupakan bagian mutlak yang perlu dipertimbangkan dalam kebijakan hukum pidana dan kebijakan social, baik oleh lembaga eksekutif, legislative dan yudikatif maupun oleh lembaga – lembaga social yang ada. Upaya-upaya penanggulangan kejahatan kekerasan seksual terhadap anak yang berhadapan dengan hukum dapat dilaksanakan secara efektif melalui peran masyarakat dalam upaya pencegahan dinilai sangat penting, karena masyarakat adalah unsur elemen yang pertama kali mengetahui adanya pelanggaran terhadap perlindungan anak. Peran serta masyarakat dapat memberikan informasi, melaporkan, melakukan sosialisasi tentang penghapusan kekerasan seksual, memantau kinerja aparat penegak hukum, memberikan perlindungan terhadap korban atau membantu proses pemulihan korban. Selain itu penanganan kejahatan dilakukan secara preventif dan kuratif. Tanpa upaya preventif, apapun langkah kuratif yang dilakukan, seperti menjatuhkan sanksi hukum yang berat tidak akan pernah efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I: Prof. I Made Widnyana , SH., MH, Pembimbing II: Dr. RM, Panggabean SH., MH.
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Pascasarjana (S2) > Magister Hukum
Depositing User: Astrid Brenda Maharani
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:49
Last Modified: 31 Aug 2017 02:49
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item