Pemaknaan Topeng Jingga pada Tari Topeng Betawi (Analisis Semiotika Pemaknaan Topeng Jingga Pada Tari Topeng Betawi)

Nur, Rizqiyah (2016) Pemaknaan Topeng Jingga pada Tari Topeng Betawi (Analisis Semiotika Pemaknaan Topeng Jingga Pada Tari Topeng Betawi). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img]
Preview
Text (Cover - Daftar Lampiran)
201210415065_Nur Rizqiyah_Cover - Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
201210415065_Nur Rizqiyah_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II, III, IV)
201210415065_Nur Rizqiyah_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
201210415065_Nur Rizqiyah_BAB V.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
201210415065_Nur Rizqiyah_Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
201210415065_Nur Rizqiyah_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Skripsi ini bertujuan untuk menguak makna dibalik Topeng Jingga pada Tari Topeng Betawi yang digunakan sebagai ciri khasnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk memperoleh penjelasan tentang hal-hal yag berhubungan dengan permasalahan. Sumber data didapatkan dengan cara melakukan observasi ke Sanggar Sinar Seli Asih yang berlokasi di Rawa Lumbu Bekasi Timur. Penulis melakukan pengamatan pada topeng jingga serta wawancara kepada ketua sanggar, instruktur tari dan tokoh masyarakat Betawi. Untuk mendapatkan data pendukung penulis juga mencari referensi pustaka melalui pencarian literatur-literatur yang berhubungan dengan ilmu komunikasi, budaya, dan semiotika. Penulis menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yang mengkaji penanda, petanda denotasi, konotasi dan mitos. Melalui analisis Semiotika Roland Barthes terdapat makna yang muncul dalam topeng topeng jingga (merah) melambangkan karakateristik seseorang yang serakah, gagah, penuh amarah dan kelaki-lakian. Makna penanda dan petandanya terdapat pada pada rambut, alis, sepasang mata, lekukan diatas hidung, hidung, bibir dan gigi serta pada brewok. Makna denotasi terdapat pada pandangannya yang melotot, hidungnya besar, topeng ini seolah-olah seperti sedang mengernyitkan dahi, alisnya, kumis dan brewoknya semakin menonjolkan sisi kegarangan pada topeng jingga. Makna konotasi topeng jingga melambangkan sifat angkara murka yang terdapat dalam manusia. wajah berwarna merah, berkumis tebal menyeramkan yang melambangkan karakter besar dan gagah. Topeng ini menggambarkan orang yang serakah, angkara murka dan tidak dapat mengendalikan diri. Mitos yang terdapat pada topeng jingga menurut kepercayaan masyarakat betawi dapat menghindari dari malapetaka. Kata kunci : Budaya, Betawi, Topeng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Erita Rizki Putri, S.Sos, M.Si Pembimbing II : Drs. Nasaruddin Siregar, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rifal Mahalli
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:49
Last Modified: 31 Aug 2017 02:49
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item