Pola Komunikasi Interpersonal Antara Bidan Pelaksana dengan Pasien Post Operasi Section Caesarea (Sc), (Studi Etnografi Komunikasi Interpersonal Antara Bidan Pelaksana Dengan Pasien Post Operasi Section Caesarea Kelas III di Rawat Inap Kebidanan RS Bersalin Taman Harapan Baru).

Brenda, Fauzia (2016) Pola Komunikasi Interpersonal Antara Bidan Pelaksana dengan Pasien Post Operasi Section Caesarea (Sc), (Studi Etnografi Komunikasi Interpersonal Antara Bidan Pelaksana Dengan Pasien Post Operasi Section Caesarea Kelas III di Rawat Inap Kebidanan RS Bersalin Taman Harapan Baru). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img]
Preview
Text (Cover - Daftar Isi)
201210417007_Brenda Fauzia_Cover - Daftar Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
201210417007_Brenda Fauzia_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II, III, IV)
201210417007_Brenda Fauzia_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
201210417007_Brenda Fauzia_BAB V.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
201210417007_Brenda Fauzia_Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
201210417007_Brenda Fauzia_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini tentang pola komunikasi interpersonal antara bidan pelaksana dengan pasien kelas III yang menjalani masa nifas setelah operasi SC di rawat inap kebindanan RS Bersalin Taman Harapan Baru yang berlangsung selama tiga hari perawatan. Permasalahan dalam penelitian ini bidan pelaksana tidak mengenalkan nama sehingga pasien tidak mengenal bidan dan pasien post SC Kelas III pasif tidak adanya umpan balik komunikasi. Metode yang dipergunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi komunikasi dengan waktu penelitian sejak januari hingga juli 2016 di RS Bersalin Taman Harapan Baru. Bahwa hasilnya menunjukan dari pola komunikasi interpersonal yang ada pada perawatan masa nifas, peristiwa komunikasi berpengaruh dalam jalannya komunikasi yang berlangsung secara satu arah dan dua arah yang menimbulkan feedback. Pola komunikasi interpersonal ini dapat diturunkan menjadi antar bidan pelaksana dengan sesama tenaga medis dan pola komunikasi interpersonal dengan keluarga pasien. Saran berdasarkan hasil penelitian, dalam komunikasi interpersonal pada hubungan interpersonal agar tercapainya kebersamaan antar bidan pelaksana dengan pasien kelas III post SC, sebelumnya pada tahap perkenalan bidan mengenalkan nama dan jika pasien pasif, bidan lebih intensif dalam mengintruksikan atau memberikan pendidikan kesehatan dari setiap tindakan pada perawatan masa nifas agar pasien lebih memahami dalam perawatan nifas untuk dirinya ketika menjalani masa nifas di rumahnya. Kata Kunci : pola komunikasi, etnografi komunikasi, bidan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Aan Widodo, S.I.Kom, M.I.Kom Pembimbing II : Elisabeth D. Pertiwi, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rifal Mahalli
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:54
Last Modified: 31 Aug 2017 02:54
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item