Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kulit pada Kucing Anggora Menggunakan Metode Forward Chaining (Studi Kasus : Garden Petshop & Klinik)

Rizki, Junifriardi (2016) Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kulit pada Kucing Anggora Menggunakan Metode Forward Chaining (Studi Kasus : Garden Petshop & Klinik). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img]
Preview
Text (Cover - Daftar Isi)
201310227011_Rizki Junifriadi_Cover - Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
201310227011_Rizki Junifriadi_BAB I.pdf

Download (930kB) | Preview
[img] Text (BAB II, III, IV)
201310227011_Rizki Junifriadi_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
201310227011_Rizki Junifriadi_BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
201310227011_Rizki Junifriadi_Daftar Pustaka.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
201310227011_Rizki Junifriadi_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kucing anggora merupakan salah satu ras kucing sangat populer di kalangan masyarakat saat ini, dengan bentuk fisik yang berbeda dengan kucing biasa pada umumnya. Maka tidak heran kucing tersebut banyak di pelihara karena sifatnya yang menggemaskan. Perlu perawatan yang ekstra agar kucing terhindar segala macam penyakit, salah satu penyakit yang sering muncul adalah penyakit kulit. Kebanyakan masyarakat belum mengetahui jenis penyakit kulit dan cara penanganan untuk penyakit tersebut. Sistem pakar adalah sistem komputer yang ditujukan untuk meniru semua aspek kemampuan pengambilan keputusan seorang pakar. Sistem pakar memanfaatkan secara maksimal pengetahuan khusus selayaknya seorang pakar untuk memecahkan masalah. Metode forward chaining adalah metode pencarian atau teknik pelacakan ke depan yang dimulai dengan informasi yang ada dan penggabungan rule untuk menghasilkan suatu kesimpulan atau tujuan. Metode penelitian yang digunakan dengan metode wawancara dan kuesioner untuk mendapatkan data yang lengkap dan benar. Sistem pakar ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Perancangan aplikasi sistem pakar deteksi penyakit kulit pada kucing anggora ini memberikan kemudahan dalam proses deteksi penyakit, dengan user memilih gejala-gejala yang dialami dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan akan diketahui hasil akhir atau solusi yang dapat diberikan sistem Hasil analisis sistem yang telah dibuat, menghasilkan informasi berupa informasi mengenai gejala-gejala penyakit kulit pada kucing anggora. Aplikasi sistem pakar ini dapat memberikan kemudahan dalam mendeteksi penyakit dan penanganan terhadap kucing yang menderita penyakit tersebut. Untuk pengembangan selanjutnya aplikasi sistem pakar ini dibuat dengan cakupan pembahasan penyakit yang lebih banyak lagi. Kata kunci: Sistem Pakar, forward chaining, PHP, MySQL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Mukhlis S.Kom.,MT., Pembimbing II : Bungaran Saing S.Si.,Apt.,MM.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Komputer > Data File-file dan Database, Pangkalan Data, Pusat Data
Teknologi dan Ilmu Terapan > Komputer > Pemrograman untuk Bahasa Pemrograman Tertentu
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Doni Alfianthoro
Date Deposited: 29 Nov 2017 07:46
Last Modified: 29 Nov 2017 07:46
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item