Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Supriatin, Titin (2013) Hubungan Antar Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar Pada Peserta Diktuk Brigadir Polwan Angkatan XLII T.A 2013. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
200910515020_Titin Supriatin_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
200910515020_Titin Supriatin_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
200910515020_Titin Supriatin_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB V)
200910515020_Titin Supriatin_BAB V.pdf

Download (717kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
200910515020_Titin Supriatin_Daftar Pustaka.pdf

Download (583kB)
[img] Text (Lampiran)
200910515020_Titin Supriatin_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubung an antara konsep diri dan motivasi belajar pad a p eserta didik Diktuk Brigadir Polwan Angkatan XLII T.A. 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/peserta didik pada Pendidikan pembentukan Brigadir Polisi (polwan) tahun 2013 yang berjumlah 500 calon polisi wanita yan g b era sal dari 33 provinsi eli Indon esia , jumlah ukuran sampel y;:mg diambil adalah 100 siswa dengan berda sarkan teknik purpos ive sampling ya ng tem1asuk dalam non-p robability samp le. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu konsep diri sebagai variabel independen dan variab el motivasi belajar sebagai variabel depen den. Pengumpulan data dari kedua variabel yang diteJiti menggunakan angket (kuisioner) . Pengukuran data kuisioner dengan mengunakan ska la Likert untuk m engukur sikap dari responden Untuk menguji analisis item dilakukan dengan m enghitung koefisien korelasi, sedangkan untuk mengetahui seberapa besarnya kemampuan variabel independen menjelaskan variabel dependen digunakan uji Koefisien Detem1ina si (R2) serta uji t atau t-student digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil pengolahan data jawaban responden pad a perhitungan korelasi (r) didapat hasil 0,73 yang bermti bahwa terjadi hubungan yang searah, tin ggi dan positif antara konsep diri dan motivasi belajar pada peserta didik Pendidikan Pembentukan Brigadir Polisi Tuga s Umum (Polwan). Hasil dari analisa koefisien detennina si (r2) sebesar 0,53 atau berarti bahwa kemampuan Konsep Diri untuk mempengaruhi Motivasi Belajar pada peserta didi..k Pend idikan Pembentukan Brigadir Polisi Tugas Umum (Polwan) , sebesar 53%, sedangk an 47% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dari perhitungan uji t-statistik clengan t tabel diperoleh t tabel sebesar 1,661 (berclasar t tabel). Dengan demikian t hitun g lebih besar (10.535 > 1.661). Hal ini berarti bahwa Konsep Diri mempunyai pengamh yang signifikan dengan Motiv asi Belajar peserta clidik Pendiclikan Pembentukan Brigadir Polisi Tugas Umum (Polwan). Kata kunci: Konsep Diri, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Motivasi Belajar
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Raden Ola Triana
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:26
Last Modified: 20 Apr 2021 01:26
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/8624

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year