Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Siswanto, Heru (2022) HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN (PERJANJIAN JUAL BELI MYSTERY BOX PADA MARKETPLACE). In: HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN (PERJANJIAN JUAL BELI MYSTERY BOX PADA MARKETPLACE. CV. LITERASI NUSANTARA ABADI, pp. 1-102. ISBN 978-632-329-987-9

[img] Text
HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada dasarnya, jual beli online diartikan sebagai jual beli barang dan jasa melalui media elektronik, khususnya melalui internet atau secara online. Permasalahan yang dihadapi konsumen tidak hanya sekadar bagaimana memilih barang, tetapi jauh lebih kompleks dari itu yang menyangkut pada kesadaran semua pihak, baik pengusaha, pemerintah maupun konsumen itu sendiri tentang pentingnya perlindungan konsumen. Pemerintah menyadari bahwa diperlukan Undang-Undang serta peraturan-peraturan di segala sektor yang berkaitan dengan berpindahnya barang dan jasa dari pengusaha ke konsumen. Pemerintah juga bertugas untuk mengawasi berjalannya peraturan serta Undang-Undang tersebut dengan baik.Tujuan penyelenggaraan, pengembangan dan pengaturan perlindungan konsumen yang direncanakan adalah untuk meningkatkan martabat dan kesadaran konsumen, dan secara tidak langsung mendorong pelaku usaha dalam menyelenggarakan kegiatan usahanya dengan penuh rasa tanggung jawab. Namun demikian, masih terdapat praktik jual beli online yang berpotensi merugikan konsumen selaku pembeli, seperti jual beli mystery box. Jual beli online mystery box adalah suatu kegiatan jual beli online barang dengan menggunakan sistem kotak misteri di mana calon pembeli tidak mengetahui barang apa yang akan dibeli dan penjual hanya memberi informasi mengenai jenis barang apa yang akan didapat oleh calon pembeli tersebut. Penjual pada situs dagang e-commerce yang menjual produk dengan sistem mystery box ini menjual barangnya dengan harga yang bermacam-macam. Tergantung pada jenis barang yang akan didapat oleh pembeli. Penjual hanya menuliskan jenis barang di kolom deskripsi. Dalam konteks ini, perlu adanya literatur yang mengungkap hukum perlindungan konsumen, khususnya dalam konteks Jual Beli Mystery Box pada Marketplace. Harapannya, buku ini menjadi salah satu rujukan yang dapat bermanfaat untuk kajian hukum perlindungan konsumen.

Item Type: Book Section
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Heru Siswanto
Date Deposited: 22 Aug 2022 05:02
Last Modified: 22 Aug 2022 05:02
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/15190

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year