Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Shabuur, Muchammad Ishak and Mangundjaya, Wustari L. (2021) Pengelolaan stres dan peningkatan produktivitas kerja selama work from home pada masa pandemi covid-19. Jurnal Nasional, 7 (2). pp. 93-109. ISSN 23545607

[img] Text
2021 Jurnal Peningkatan produktivitas kerja WFH with Moh Ishak.pdf

Download (397kB)
Official URL: https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article...

Abstract

Pada saat pandemi COVID-19 menyebar secara global, pedoman kesehatan masyarakat menyarankan semua karyawan untuk bekerja dari rumah (WFH). Sementara itu, di Indonesia belum banyak perusahaan yang melaksanakan praktik WFH (Work From Home) atau bekerja jarak jauh dari rumah karena praktik manajemen yang masih tradisional, tentu penyesuaian terhadap WFH merupakan pengalaman baru untuk sebagian besar karyawan. Sementara itu, sebagian besar hasil penelitian terdahulu mengenai dinamika psikologis selama masa karantina menemukan adanya dampak psikologis negatif pada individu. Berdasarkan situasi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat kembali pengaruh sikap fleksibilitas kerja terhadap WFH melalui flexibility working options terhadap produktivitas kerja selama masa karantina Pandemi COVID-19 dan menguji strategi coping stres sebagai moderator pada hubungan antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini melibatkan 421 karyawan yang bekerja secara WFH pada sektor swasta, publik dan pemerintah di Indonesia. Responden dikumpulkan dengan menggunakan teknik incidental sampling melalui penyebaran kuesioner secara online. Teknik pengujian efek moderasi pada penelitian ini menggunakan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi coping memoderasi hubungan secara positif, sehingga hubungan antara fleksibilitas kerja dan produktivitas kerja semakin meningkat ketika karyawan menerapkan mekanisme coping yang berfokus pada masalah untuk mengendalikan stresor dan menjaga produktivitas kerja mereka selama pandemi COVID�19.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sikap terhadap Opsi Fleksibilitas Kerja, Produktivitas Kerja, Strategi Coping, Work From Home selama Pandemi COVID-19.
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mangundjaya Wustari Larasati
Date Deposited: 07 Jun 2024 10:33
Last Modified: 07 Jun 2024 10:33
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27394

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year