Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Baskoro, Daniel Nawolo (2009) Aspek Hukum Upah Minimum pada Usaha Restoran (Analisis Terhadap Pelaksanaan Pasal 88, Pasal 89, Pasal 90, Pasal 91, dan Pasal 94 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan pada Usaha Restoran di Jakarta Selatan). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
2005117008_Daniel Nawolo Baskoro_Skripsi Lengkap_2009.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (46MB) | Request a copy

Abstract

Hasil kesepakatan disahkan oleh pemerintah berdasarkan aturan perundangan pengupahan usaha restoran. Pemerintah cukup berperan sebagai fasilitator dan pengawas pelaksanaan kesepakatan. Dengan demikian sistem hukum pengupahan yang lebih tepat diterapkan pada usaha restoran adalah sistem hukum progresif, dimana lebih mengutamakan kepentingan para pihak (pengusaha, pekerja, pemerintah) daripada hukum itu sendiri. Oleh karenanya pengupahan (upah minimum) pada usaha restoran perlu diatur tersendiri, tidak hanya berpedoman pada upah minimum sektoral, tetapi peraturan perundangan khusus tentang pengupahan pada usaha restoran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dr. Drs. A.A. Oka Dhermawan, S.H., M.H., M.Si., Sawitri Yuli Hartati, S.H., M.H.
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mr. Arif Syamsudin
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:37
Last Modified: 07 Jun 2024 06:37
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/29336

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year