Karimah, Fikriyah (2021) Pelayanan dan Informasi Customer Service Berbasis Bot Telegram dengan Algoritma Forward Chaining pada CV.Primguard Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201710225125_Fikriyah Karimah_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201710225125_Fikriyah Karimah_BAB I.pdf Download (108kB) |
|
Text
201710225125_Fikriyah Karimah_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
201710225125_Fikriyah Karimah_BAB V.pdf Download (268kB) |
|
Text
201710225125_Fikriyah Karimah_Daftar Pustaka.pdf Download (302kB) |
|
Text
201710225125_Fikriyah Karimah_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (986kB) |
Abstract
CV. Primguard Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang pelayasanan jasa pengurusan surat-surat atau dokumen kendaraan. Informasi terkait pengurusan kendaraan saat ini masih belum optimal dikarenakan hanya menggunakan customer service sebagai penyedia informasinya, sehingga pelayanan pertanyaan terkait informasi yang lebih singkat akan banyak memakan waktu customer service untuk menjelaskan ke pihak customer. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi customer service dalam memberikan penjelasan mengenai informasi sederhana yang bisa dialihkan dengan layanan bot. Sedangkan customer service akan menjelaskan informasi kepada customer bila membutuhkan informasi yang lebih detail. Metode yang digunakan adalah prototyping. Algoritma yang digunakan adalah forward chaining agar dapat menampilkan respon sesuai data yang ada. Dalam perolehan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta metode daftar pustaka untuk menghasilkan data yang lebih akurat. Hasil dari penelitian ini berupa layanan informasi berbasis bot otomatis dengan menggunakan aplikasi telegram. Telegram menyediakan API yang dapat digunakan untuk mengembangkan bot. Bot dibuat menggunakan Bahasa pemrograman PHP, basisdata MySQL Server, dan Bot telegram. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan bot telegram memudahkan customer mendapatkan informasi dengan cepat tanpa perlu menghubungi customer service secara langsung bila informasi hanya bersifat sederhana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Komputer |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 24 Sep 2023 19:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2023 19:29 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/23647 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year