Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Karimah, Fikriyah (2021) Pelayanan dan Informasi Customer Service Berbasis Bot Telegram dengan Algoritma Forward Chaining pada CV.Primguard Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201710225125_Fikriyah Karimah_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201710225125_Fikriyah Karimah_BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
201710225125_Fikriyah Karimah_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
201710225125_Fikriyah Karimah_BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
201710225125_Fikriyah Karimah_Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB)
[img] Text
201710225125_Fikriyah Karimah_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)

Abstract

CV. Primguard Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang pelayasanan jasa pengurusan surat-surat atau dokumen kendaraan. Informasi terkait pengurusan kendaraan saat ini masih belum optimal dikarenakan hanya menggunakan customer service sebagai penyedia informasinya, sehingga pelayanan pertanyaan terkait informasi yang lebih singkat akan banyak memakan waktu customer service untuk menjelaskan ke pihak customer. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi customer service dalam memberikan penjelasan mengenai informasi sederhana yang bisa dialihkan dengan layanan bot. Sedangkan customer service akan menjelaskan informasi kepada customer bila membutuhkan informasi yang lebih detail. Metode yang digunakan adalah prototyping. Algoritma yang digunakan adalah forward chaining agar dapat menampilkan respon sesuai data yang ada. Dalam perolehan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta metode daftar pustaka untuk menghasilkan data yang lebih akurat. Hasil dari penelitian ini berupa layanan informasi berbasis bot otomatis dengan menggunakan aplikasi telegram. Telegram menyediakan API yang dapat digunakan untuk mengembangkan bot. Bot dibuat menggunakan Bahasa pemrograman PHP, basisdata MySQL Server, dan Bot telegram. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan bot telegram memudahkan customer mendapatkan informasi dengan cepat tanpa perlu menghubungi customer service secara langsung bila informasi hanya bersifat sederhana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 24 Sep 2023 19:29
Last Modified: 24 Sep 2023 19:29
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/23647

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year