Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Kurnianingsih, Ana (2020) Komunikasi Antarpribadi Guru Sekolah Inklusi dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Deskriptif Kualitatif SDN Jatimekar I). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201310415058_Ana Kurnianingsih_Cover Daftar Isi.pdf

Download (6MB)
[img] Text
201310415058_Ana Kurnianingsih_BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
201310415058_Ana Kurnianingsih_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
201310415058_Ana Kurnianingsih_BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
201310415058_Ana Kurnianingsih_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text
201310415058_Ana Kurnianingsih_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Sistem pendidikan yang diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus adalah pendidikan luar biasa dan pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi adalah salah satu sistem pendidikan yang menyatukan antara anak berkebutuhan khusus dan anak normal pada umumnya dalam satu lingkup pendidikan yang sama. Hal ini membuat anak berkebutuhan khusus menjadi objek perundungan oleh anak normal yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus pasca perundungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan wawancara secara langsung dengan beberapa informan yang merupakan guru kelas 1B dan 2B. Kemudian teknik validasi data yang dipilih adalah triangulasi sumber dengan menggunakan informan ahli untuk mengecek keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa guru berperan dalam peningkatan kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus di sekolah akan tetapi karena kurangnya pemahaman guru tentang anak berkebutuhan khusus membuat tujuan tersebut berjalan kurang maksimal. Guru melakukan komunikasi antarpribadi agar anak berkebutuhan khusus dapat membuka diri untuk menceritakan perundungan yang dialaminya kemudian guru melakukan penguatan positif yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus yang menjadi korban perundungan tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:38
Last Modified: 23 Nov 2022 01:38
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/16381

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year