Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Dewi, Nita Komala and Neng Siti Komariah, NSK and Ratna Suminar, RS (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRAMUSAJI PENYANDANG TUNARUNGU TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DEAF CAFE FINGER TALK. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6 (2). pp. 45-51. ISSN 2599-283X

[img] Text
Peer review sinta 4.pdf

Download (455kB)
Official URL: http://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/index

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh signifikasi kulaitas pelayanan pramusaji penyandang tunarungu terhadap kepuasan konsumen pada Deaf Cafe fingertalk. Penelitian ini memfokuskan kepada konsumen yang datang pada Deaf Cafe fingertalk. Dalam penelitian ini memfokuskan kepada Kualitas Pelayan sebagai variabel X dan Kepuasan konsumen sebagai variabel Y. Dimensi Kualitas Pelayanan yang diujikan yakni keandalan (X1), Daya Tanggap (X2), Jaminan (X3), Empati (X4) , dan Bukti Fisik (X5) terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Peneliti menggali data dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data sehingga muncul data angka yang kemudian dianalisis dengan prosedur – prosedur statistik menggunakan SPSS dengan jawaban responden berupa pilihan dari 5 alternatif skala likert yaitu SS=5, S=4, N=3, TS=2, STS=1. Instrumen diuji dengan uji validasi dan reabilitas. Teknik untuk menentukan sampel penelitian ini dilakukan secara metode sampling aksidental. Hasil hipotesis penelitian secara signifikan atas kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan/tamu di Deaf Cafe Fingertalk dengan ditentukan oleh dimensi keandalan (X1), Daya Tanggap (X2), dan Empati (X4) yang memiliki nilai pengaruh sangat signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Kata kunci: Pramusaji, Tunarungu, Kualitas Pelayan, Kepuasan Konsumen

Item Type: Article
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ratna Suminar
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:35
Last Modified: 26 Dec 2022 04:35
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/16642

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year