Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Yanuar, Ireneus Alviano Grafenelo (2020) Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Jenis-jenis Hewan Menggunakan “Augmented Reality” (AR) Berbasis Android Pada SDN Aren Jaya XIII Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201510225149_Ireneus Alviano G Yanuar_Cover -Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
201510225149_Ireneus Alviano G Yanuar_BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
201510225149_Ireneus Alviano G Yanuar_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
201510225149_Ireneus Alviano G Yanuar_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
201510225149_Ireneus Alviano G Yanuar_Daftar Pustaka.pdf

Download (342kB)
[img] Text
201510225149_Ireneus Alviano G Yanuar_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada era modern industri 4.0 saat ini, penggunaan teknologi sebagai media informasi sangat berkembang. Salah satunya adalah penggunaan teknologi berbasis Android. Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar. Dalam pelajaran IPA terdapat pelajaran mengenai pengelompokan hewan. Pelajaran mempelajari jenis hewan berdasarkan sumber makanannya hanya dapat dipelajari secara teori. Hewan berdasarkan jenis makanannya dibagi menjadi 3 yaitu hewan karnivora, herbivora dan omnivora. Dengan menggunakan teknologi augmented reality diharapkan dalam pembelajarannya dapat menarik dan menyenangkan. Aplikasi augmented reality ini sebagai media pembelajaran pengenalan jenis-jenis hewan kepada kalangan pelajar khusus nya tingkat sekolah dasar menggunakan perangkat smartphone agar proses pembelajaran pengenalan jenis-jenis hewan lebih menarik. Augmented reality pengenalan jenis-jenis hewan dengan objek animasi hewan 3D menggunakan metode single marker dapat menampilkan objek animasi hewan dalam bentuk 3D beserta suara. Dengan proses, pengguna menjalankan aplikasi kemudian aplikasi akan melakukan pelacakan marker, setelah marker dikenali sesuai data acuan yang terdapat didalam sistem aplikasi, maka aplikasi dapat menampilkan objek animasi hewan secara 3D pada layar smartphone. Metode penelitian dalam pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) supaya bisa dikembangkan lagi untuk selanjutnya. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu dengan menerapkan aplikasi berbasis android pada aplikasi augmented reality, informasi pengenalan jenisjenis hewan bisa digunakan dimanapun dan kapanpun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:50
Last Modified: 24 Jan 2023 02:50
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/17204

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year