Yulianti, Yulianti (2018) Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Murid Dalam Meningkatkan Minat Belajar Di “Rumah Belajar” Jari Aljabar Cabang Bekasi (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Murid Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text (Cover-Daftar Isi)
201410415207_Yulianti_Cover-Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
201410415207_Yulianti_BAB I.pdf Download (497kB) |
|
Text (BAB II, III, IV)
201410415207_Yulianti_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
201410415207_Yulianti_BAB V.pdf Download (299kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
201410415207_Yulianti_Daftar Pustaka.pdf Download (104kB) |
|
Text (Lampiran)
201410415207_Yulianti_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai komunikasi interpersonal guru dengan murid Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang dilakukan guru dalam menjalin hubungan dengan murid Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) untuk meningkatkan minat belajar. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan gangguan yang ditunjukkan dengan gejala gangguan konsentrasi, perhatian, serta berperilaku hiperaktif yang berlebihan. Anak cenderung sulit konsentrasi dan mudah terganggu sehingga tidak dapat menyerap apa yang dijelaskan oleh guru. Hal ini tentunya akan berdampak dalambelajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori penetrasi sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan guru pada saat kegiatan berlajar mengajar berlangsung pada murid Attention Deficit Hyperactivity Disorder(ADHD)di “Rumah Belajar” Jari Aljabar Cabang Bekasi menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Mengawali komunikasi dengan menanyakan kabar, memberikan senyuman, serta memberikan sentuhan kepada murid-muridnya.Komunikasiantara guru dengan murid Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)tidak selalu berjalan dengan lancar, terdapat beberapa hambatan diantaranya adalah hambatan dari pengirim pesan, hambatan dalam penyandian/simbol, hambatan dari penerima pesan, hambatan memberikan umpan balik, kondisi fisik, hambatan psikologi, dan hambatan lingkungan. Dalam menangani murid Attention Deficit Hyperactivity Disorder(ADHD)diperlukan penanganankhusus yaitu dengan menggunakan komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal dilakukan guru kepada murid Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)supaya dapat terjalin hubungan keakraban dan mengetahui reaksi murid Attention Deficit Hyperactivity Disorder(ADHD) secara langsung dengan tatap muka dan mengetahui bagaimana reaksi yang ditimbulkan. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Attention Deficit
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Astuty Pohan,S.Sos.,MM., Pembimbing II: Dr.Hj.Silvia Nurlaila,S.Pd.,SE.,MM |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Depositing User: | Ludfia |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 06:58 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 06:58 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1815 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year