Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Pratiwi, Raras Setiani (2019) Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Siswa MTs. Nurul Anwar Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201510515149_Rarassetiani Pratiwi_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (777kB)
[img] Text
201510515149_Rarassetiani Pratiwi_BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
201510515149_Rarassetiani Pratiwi_BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text
201510515149_Rarassetiani Pratiwi_BAB V.pdf

Download (239kB)
[img] Text
201510515149_Rarassetiani Pratiwi_DAftar PUstaka.pdf

Download (259kB)
[img] Text
201510515149_Rarassetiani Pratiwi_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan seberapa besar pengaruh antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif pada siswa MTs. Nurul Anwar Bekasi. Dalam penelitian ini kepercayaan diri sebagai variabel bebas dan perilaku asertif sebagai variabel tergantung. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif pada siswa MTs. Nurul Anwar Bekasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs. Nurul Anwar Bekasi sebanyak 150 subjek. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala perilaku asertif dan skala kepercayaan diri. Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi Product Moment-Spearman antara perilaku asertif dengan kepercayaan diri diperoleh nilai koefisien sebesar 0.066 menunjukan tidak ada hubungan antara kedua variabel karena signifikansi 0.421 (p>0.05) maka Ho diterima artinya tidak ada hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif. Pada penelitian ini dimana kepercayaan diri memiliki sumbangan efektif 0,3% terhadap munculnya perilaku asertif yang sisanya adalah faktor lain. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan mencari fenomena yang lebih akurat, memperhatikan faktor lain yang mempengaruhi perilaku asertif agar, jumlah alat ukur lebih, dan pengujian validitas dengan menggunakan korelasi Pearson.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan seberapa besar pengaruh antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif pada siswa MTs. Nurul Anwar Bekasi. Dalam penelitian ini kepercayaan diri sebagai variabel bebas dan perilaku asertif sebagai variabel tergantung. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif pada siswa MTs. Nurul Anwar Bekasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs. Nurul Anwar Bekasi sebanyak 150 subjek. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala perilaku asertif dan skala kepercayaan diri. Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi Product Moment-Spearman antara perilaku asertif dengan kepercayaan diri diperoleh nilai koefisien sebesar 0.066 menunjukan tidak ada hubungan antara kedua variabel karena signifikansi 0.421 (p>0.05) maka Ho diterima artinya tidak ada hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif. Pada penelitian ini dimana kepercayaan diri memiliki sumbangan efektif 0,3% terhadap munculnya perilaku asertif yang sisanya adalah faktor lain. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan mencari fenomena yang lebih akurat, memperhatikan faktor lain yang mempengaruhi perilaku asertif agar, jumlah alat ukur lebih, dan pengujian validitas dengan menggunakan korelasi Pearson.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan seberapa besar pengaruh antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif pada siswa MTs. Nurul Anwar Bekasi. Dalam penelitian ini kepercayaan diri sebagai variabel bebas dan perilaku asertif sebagai variabel tergantung. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif pada siswa MTs. Nurul Anwar Bekasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs. Nurul Anwar Bekasi sebanyak 150 subjek. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala perilaku asertif dan skala kepercayaan diri. Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi Product Moment-Spearman antara perilaku asertif dengan kepercayaan diri diperoleh nilai koefisien sebesar 0.066 menunjukan tidak ada hubungan antara kedua variabel karena signifikansi 0.421 (p>0.05) maka Ho diterima artinya tidak ada hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif. Pada penelitian ini dimana kepercayaan diri memiliki sumbangan efektif 0,3% terhadap munculnya perilaku asertif yang sisanya adalah faktor lain. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan mencari fenomena yang lebih akurat, memperhatikan faktor lain yang mempengaruhi perilaku asertif agar, jumlah alat ukur lebih, dan pengujian validitas dengan menggunakan korelasi Pearson.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Astrid Brenda Maharani
Date Deposited: 23 May 2023 09:02
Last Modified: 23 May 2023 09:02
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/21031

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year