Putri, Resti Hikmah (2021) Hubungan Literasi Ekonomi dengan Impulsive Buying pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Kampus II (Bekasi). Undergraduate thesis, Univeritas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201710515079_Resti Hikmah Putri_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201710515079_Resti Hikmah Putri_BAB I.pdf Download (411kB) |
|
Text
201710515079_Resti Hikmah Putri_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201710515079_Resti Hikmah Putri_BAB V.pdf Download (166kB) |
|
Text
201710515079_Resti Hikmah Putri_Dfatar Pustaka.pdf Download (391kB) |
|
Text
201710515079_Resti Hikmah Putri_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Brand Mindend merupakan fenomena yang sedang marak terjadi dalam masyarakat lingkungan perkotaan. Terjadi pada berbagai kalangan usia, tidak menutup kemungkinan untuk membeli dan menggunakan barang berdasarkan gaya hidup brand minded. Brand minded adalah pola pikir seseorang terhadap objek-objek komersil yang cenderung berorientasi pada merek eksklusif dan terkenal. Situasi seperti ini kerap terjadi pada mahasiswa demi menunjang penampilannya. Dengan melakukan pembelian tidak rasional dan diasosiasikan dengan pembelian yang cepat dan tidak direncanakan, diikuti oleh adanya konflik pikiran dan dorongan emosional. Banyak yang belum bisa menahan untuk berbelanja tanpa berpikir secara matang mana barang yang benar-benar dibutuhkannya atau yang hanya sekedar keinginannya saja. Dengan kehidupan mahasiswa, masalah keuangan dapat muncul dari kesalahan pengelolaan uang. Situasi ini terkesan “kurang baik” karena berkaitan dengan dampak negatif keuangan pribadi konsumen. Maka dari itu diperlukan keterampilan hidup yang harus dimiliki oleh siapa saja untuk membuat keputusan ekonomi yang tepat yang berguna untuk mengubah perilaku yang tidak cerdas menjadi cerdas yang disebut dengan literasi ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan pengendalian uang secara cerdas dengan pembelian yang tidak direncanaka atau irasional. Adapun teknik sample penelitian yang digunakan adalah purposive sampling, dengan sampel penelitian sebanyak 114 subjek. Hasil penelitian ini menunjukan nilai koefisien korelasi antara kemampuan pengendalian uang secara cerdas dengan pembelian yang tidak direncanaka atau irasional sebesar -0,517*** dan p = 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukan terdapat hubungan yang negatif yang signifikan antara kemampuan pengendalian uang secara cerdas dengan pembelian yang tidak direncanakan atau irasional. Semakin tinggi kemampuan seseorang untuk mengendalikan uang secara cerdas, semakin rendah seseorang melakukan tindakan pembelian yang tidak direncana atau irasional. Begitu pula sebaliknya semakin rendah kemampuan seseorang untuk mengendalikan uang secara cerdas, semakin tinggi seseorang melakukan tindakan pembelian yang tidak direncanakan atau irasional. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor lain seperti konsep diri atau konsumtif yang memiliki hubungan dengan Impulsive buying.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 19:28 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 19:28 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/22594 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year