Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Prameswari, Dhesti Sekar (2022) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Operasi Perkalian Di Kelas III SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615040_Dhesti Sekar Prameswari_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201810615040_Dhesti Sekar Prameswari_BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
201810615040_Dhesti Sekar Prameswari_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201810615040_Dhesti Sekar Prameswari_BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
201810615040_Dhesti Sekar Prameswari_Daftar Pustaka.pdf

Download (390kB)
[img] Text
201810615040_Dhesti Sekar Prameswari_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Siswa mengalami kesulitan ketika belajar matematika dan mendapatkan hasil yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa kelas IIIA khususnya dalam materi operasi perkalian. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan dimana peneliti berusaha untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika apa yang dialami siswa dalam pelajaran matematika pada operasi perkalian di kelas IIIA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap guru kelas IIIA. Observasi digunakan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIA yang mengalami kesulitan belajar matematika pada operasi perkalian. Informan pada penelitian ini adalah guru kelas IIIA. Guru kelas IIIA sebagai tenaga pendidik yang mengetahui kemampuan peserta didik sehingga dapat memberikan informasi tambahan kepada peneliti.Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan data dan verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IIIA sebanyak 8 siswa mengalami kesulitan belajar matematika dalam operasi perkalian. Kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas IIIA meliputi kesulitan memahami konsep (kesulitan dalam menentukan rumus), kesulitan keterampilan menghitung (kesulitan dalam menggunakan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian), dan kesulitan memecahkan masalah (kesulitan dalam menyelesaikan suatu soal). Kata Kunci: Belajar matematika, Operasi hitung, perkalian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:47
Last Modified: 26 Dec 2023 17:47
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25212

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year