Siregar, Syty Nurhayaty (2022) Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Big Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas I SDN Kedung Jaya 02 Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615112_Syty Nurhayaty Siregar_Cover - Daftar Isi.pdf Download (807kB) |
|
Text
201810615112_Syty Nurhayaty Siregar_BAB I.pdf Download (401kB) |
|
Text
201810615112_Syty Nurhayaty Siregar_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201810615112_Syty Nurhayaty Siregar_BAB V.pdf Download (392kB) |
|
Text
201810615112_Syty Nurhayaty Siregar_Daftar Pustaka.pdf Download (501kB) |
|
Text
201810615112_Syty Nurhayaty Siregar_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book Berbasis Kearifan Lokal siswa kelas I SDN Kedung Jaya 02 Kabupaten Bekasi. Model dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Kedung Jaya 02 Kabupaten Bekasi yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penlitian ini menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media big book berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas 67,2 meningkat menjadi 73,7 dan 81,3. Persentase pencapaian nilai rata-rata keterampilan membaca mengalami peningkatan pada pratindkan sebesar 30% pada siklus I 60% dan pada siklus II yaitu 91%. Peningkatan didasarkan pada proses keterampilan membaca permulaan menggunakan media big book berbasis kearifan lokal 1) siswa mengamati dan memprediksi isi cerita dalam media big book yang disiapkan oleh guru, 2) siswa diberi contoh membaca big book dengan aspek keterampilan membaca yang benar, 3) mencocokkan prediksi siswa dengan cerita yang telah dibaca, 4) siswa memperhatikan contoh membaca guru membacakan dengan menunjukkan kata per kata, 5) siswa berkomentar dan bertanya terkait cerita dalam big book, 6) siswa mengikuti yang dibaca oleh guru dengan menunjuk kata yang dibaca, 7) siswa secara berkelompok dan individu membaca cerita dalam big book, 8) siswa mengenal suku dan budaya daerah di lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:51 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:51 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25258 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year