Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Rachma, Feny Ary Luthfia (2023) Pengaruh Teknik Buzz Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN Bojong Rawalumbu IX. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615074_Feny Ary Luthfia Rachma_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201910615074_Feny Ary Luthfia Rachma_BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
201910615074_Feny Ary Luthfia Rachma_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201910615074_Feny Ary Luthfia Rachma_BAB V.pdf

Download (308kB)
[img] Text
201910615074_Feny Ary Luthfia Rachma_Daftar Pustaka.pdf

Download (558kB)
[img] Text
201910615074_Feny Ary Luthfia Rachma_Lamp;iran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kurangnya inovasi dalam pembelajaran menulis karangan narasi, membuat siswa mengalami kesulitan dalam menguasai ejaan dan tata bahasa, siswa masih kesulitan mengidentifikasi ide pokok serta sulit dalam mengembangkan kalimat dan tanda baca menjadi karangan yang runtut dan padu dalam urutan kronologis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik buzz berbantuan media gambar berseri terhadap menulis karangan narasi siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Dalam penelitian ini pengumpulan data berupa dokumentasi dan melakukan pretes sebelum perlakuan dan postes setelah perlakuan. Penelitian ini untuk mengukur uji validitas menggunakan pendapat ahli dalam bidang yang bersangkutan. Selanjutnya data dianalisis uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan menggunakan Kolmogorov Smirnov pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Sig. 0,200 dapat disimpulkan bahwa data tesebut berdistribusi Normal. Uji homogenitas nilai pretes kelas eksperimen-kelas kontrol menunjukan Sig. 0,333 dan postes kelas eksperimen-kelas kontrol nilai Sig. 0,301 yang menunjukan kelas homgen. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample menunjukan Sig. 0,000 diketahui nilai Sig. < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh teknik buzz berbantuan media gambar berseri terhadap menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Bojong Rawalumbu IX

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:49
Last Modified: 27 Dec 2023 02:49
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25309

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year