Aditia, Novilia (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPS Tema 7 Subtema 2 Kelas V SDN Harapan Jaya XVIII. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615065_Novilia Aditia_Cover - Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
201910615065_Novilia Aditia_BAB I.pdf Download (183kB) |
|
Text
201910615065_Novilia Aditia_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201910615065_Novilia Aditia_BAB V.pdf Download (92kB) |
|
Text
201910615065_Novilia Aditia_Daftar Pustaka.pdf Download (232kB) |
|
Text
201910615065_Novilia Aditia_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Harapan Jaya XVIII melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada Mata Pelajaran IPS Peristiwa Proklamasi. Penelitian menggunakan Penelitian tindakan Kelas dengan 2 siklus, masing - masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Harapan Jaya XVIII dengan jumlah siswa 31 orang. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar siswa pada materi peristiwa proklamasi semakin meningkat. Berdasarkan rata-rata nilai siswa pada kondisi awal menunjukan nilai sebesar 61,3 dan pada siklus I meningkat menjadi sebesar 78,3, dan rata-rata nilai siswa kembali menunjukan adanya peningkatan menjadi 88,2 pada siklus II. Selain itu berdasarkan nilai tertinggi yang diperoleh siswa juga menunjukan peningkatan, nilai tertinggi pada kondisi awal sebesar 80 dan menjadi meningkat sebesar 100 pada siklus I dan II. Adapun presentase ketuntasan belajar pada kondisi awal hanya mencapai 12,9%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 61,2%. Persentase ketuntasan belajar meningkatkan kembali pada siklus II menjadi sebesar 80,6% dan melebihi target yang telah ditetapkan yaitu 70%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi peristiwa proklamasi pada siswa kelas V SDN Harapan Jaya XVIII
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:51 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:51 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25326 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year