Awaliah, Sartika (2023) Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Melalui Model Inquiry Discovery learning dalam Materi Metamorfosis pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Wanajaya 03 Kab. Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615003_Sartika Awaliah_Cover - Daftar Isi.pdf Download (749kB) |
|
Text
201910615003_Sartika Awaliah_BAB I.pdf Download (211kB) |
|
Text
201910615003_Sartika Awaliah_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
201910615003_Sartika Awaliah_BAB V.pdf Download (369kB) |
|
Text
201910615003_Sartika Awaliah_Daftar Pustaka.pdf Download (313kB) |
|
Text
201910615003_Sartika Awaliah_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan kunci untuk meningkatkan mutu suatu bangsa, namun kenyataannya fenomena pendidikan abad 21 akan ada pergeseran kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menggeser SDM ber keterampilan tingkat rendah dengan SDM berdaya kreativitas tinggi. Rendahnya pencapaian kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa ini tidak sejalan dengan kebutuhan abad-21 sekarang ini. Salah satu faktornya adalah bagaimana cara menyampaikan pelajaran dari guru kepada siswa nya. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, “apakah perencanaan dan pelaksanaan model pembelajaran inquiry-discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas IV di SD Negeri Wanajaya 03 Kab. Bekasi?” Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Penelitian ini dilakukan dalam mata pelajaran IPA materi metamorfosis pada tema 6 subtema 1 penelitian ini dilakukan di kelas IV.B di SD Negeri Wanajaya 03 Kab. Bekasi dengan jumlah 34 siswa, 20 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilakukan di kelas IV.B di SD Negeri Wanajaya 03 Kab. Bekasi dalam mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pembelajaran Inquiry Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV.B, dapat dilihat pada siklus I skor ≥75 mencapai 17 siswa dari 34 siswa dengan presentase sebesar 50%. Pada siklus II skor ≥75 mencapai 28 siswa dari 34 siswa dengan presentase 82,35%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 32,35%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:51 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:51 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25338 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year