Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Nurlaila, Nurlaila (2019) Budaya Komunikasi Dalam Konteks Social Commerce (Studi Etnografi Virtual Interaksi Belanja Daring Pada Akun Instagram @garagemarket). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201510415072_Nurlaila_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
201510415072_Nurlaila_BAB I.pdf

Download (739kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201510415072_Nurlaila_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
201510415072_Nurlaila_BAB V.pdf

Download (242kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201510415072_Nurlaila_Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB)
[img] Text (Lampiran)
201510415072_Nurlaila_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana budaya komunikasi pada belanja online di akun Instagram @garagemarket serta apa saja budaya komunikasi yang terbentuk akibat adanya kegiatan interaksi belanja daring pada media sosial Instagram dengan demikian penulis dapat mengetahui hal yang terjadi pada pergeseran budaya komunikasi didalam kegiatan belanja online. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif dengan metode pendekatan etnografi virtual serta mengarah pada paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi partisipan dan teknik wawancara secara online. Selanjutnya observasi partisipan yang dilakukan melalui unggahan-unggahan foto yang ada pada akun online shop @garagemarket dan interaksi yang terjadi didalam kolom komentar antar pengguna Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pergeseran budaya komunikasi yang ada pada kegiatan jual-beli produk atau jasa melalui media sosial, yakni budaya komunikasi yang akrab, budaya komunikasi transparan, budaya komunikasi timbal balik dan budaya komunikasi berbagi. Bahwa ternyata budaya komunikasi terbentuk sebagai artefak-artefak yang berupa pesan, baik verbal maupun non verbal serta dapat mewujudkan komunitas virtual akibat adanya kesamaan makna dan isi pesan yang disampaikan pada anggota virtual tersebut. Kata Kunci : budaya komunikasi, media sosial, instagram, etnografi virtual, komunitas virtual, artefak budaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Budaya Komunikasi, Media Sosial, Instagram, Etnografi Virtual, Komunitas Virtual, Artefak Budaya
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Raden Ola Triana
Date Deposited: 09 Jun 2020 01:55
Last Modified: 09 Jun 2020 01:55
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2580

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year