Mahatma, Hamam (2023) Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Startup guna Melahirkan Talenta Digital (Studi Pada Startup Edutech Di Jakarta Selatan). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810415105_Hamam Mahatma Fadzilla_Cover -Daftar Isi.pdf Download (6MB) |
|
Text
201810415105_Hamam Mahatma Fadzilla_BAB I.pdf Download (269kB) |
|
Text
201810415105_Hamam Mahatma Fadzilla_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201810415105_Hamam Mahatma Fadzilla_BAB V.pdf Download (92kB) |
|
Text
201810415105_Hamam Mahatma Fadzilla_Daftar Pustaka.pdf Download (321kB) |
|
Text
201810415105_Hamam Mahatma Fadzilla_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Tingginya angka kesenjangan digital khususnya di bidang ketenagakerjaan adalah suatu kondisi dimana kebutuhan yang tinggi oleh perusahaan untuk merekrut tenaga kerja yang mahir dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, sementara ketersediaan tenaga kerja yang mumpuni tidak memadai. Kominfo mencatat bahwa Indonesia kekurangan 400-500 ribu talenta digital per tahun. Ikhtiar untuk mengikis kesenjangan digital terus diupayakan berbagai pihak, salah satunya oleh peran pihak swasta yakni dengan dengan lahirnya Startup-startup yang bergerak di bidang pendidikan (edutech) yang menyediakan layanan pelatihan keterampilan digital untuk menghasilkan seorang talenta digital siap kerja. Startup edutech yang menjadi subjek dalam penelitian ini memiliki target untuk meningkatkan jumlah penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Startup edutech dalam meningkatkan jumlah pengguna guna melahirkan talenta digital, serta mengetahui aktivitas pemasaran yang dilakukan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deksriptif, menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta triangulasi teknik. Penelitian ini menggunakan konsep Komunikasi pemasaran Kennedy dan Soemanagara, serta konsep Bauran Komunikasi pemasaran oleh Kotler. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunikasi pemasaran yang dilakukan Startup edutech dalam meningkatkan jumlah pengguna guna melahirkan talenta digital adalah dengan menggunakan pesan yang bersifat informatif, persuasif, serta gabungan (informatif dan persuasif). Aktivitas pemasaran yang dilakukan terdiri atas (1)Pemasaran Organik (Organic Marketing), (2)Iklan Digital (Digital ads), (3)Kerjasama (Partnership), (4)Acara (Event), serta (5)Layanan Pelanggan (Customer Service). Sementara aktivitas pemasaran yang paling efektif dalam meningkatkan jumlah pengguna guna melahirkan talenta digital adalah dengan melakukan aktivitas iklan digital (digital ads) melalui platform Instagram dan Facebook.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 05:34 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 05:34 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27594 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year